Tags

, , , , ,


Gw sori banget kalo ini terasa basbang. Dan emang basbang, karena film ini diproduksi di tahun 2009. Gw sendiri baru liat minggu lalu via Celestial Movies.๐Ÿ™‚

Ketika itu awal mula perang Sino-Jepang II. Kisah ini dimulai dari Kadokawa, seorang serdadu Jepang yang sedang menyerbu kota Nanjing, ibukota Cina ketika itu.ย  Kemudian menangkap tentara Cina yang sedang bersembunyi bersama para pengungsi. Kemudian Lu Jianxiong di bagian lain di kota Nanjing masih bisa melakukan perlawanan walaupun kemudian juga tertangkap. Yang terjadi selanjutnya tentu saja bikin gw shock. Para tentara Cina yang sudah menyerah tersebut kemudian dibantai. Pertama dikumpulkan di laut dan diberondong senapan. Yang kedua dieksekusi di lubang kubur yang sudah digali sebelumnya. Yang ketiga, dikubur hidup2. Lu jianxion, sempat gw mikir dia adalah tokoh utama film ini, ternyata sudah terbunuh di awal film dengan diberondong senapan di Sungai Yang Tze.

Selanjutnya cerita berpindah ke tim John Rabe dan sekretarisnya Mr Tang. Mereka mengelola Nanking International Safety Zone. John Rabe sendiri adalah tokoh nyata dalam peristiwa Nanking. Pebisnis ini berkebangsaan Nazi Jerman dan memanfaatkan hubungan sekutu Jerman dan Jepang untuk melindungi para pengungsi. Ternyata status John Rabe tidak terlalu berpengaruh, karena yang terjadi berikutnya sungguh mengejutkan. Tentara Jepang dengan leluasa masuk barak pengungsi dan memperkosa para pengungsi perempuan. Kemudian diberikan sebuah peraturan untuk memotong rambut pendek pada semua wanita untuk menghindari pemerkosaan. Dalam adegan lainnya, Mr Tang yang sudah menjalin kerjasama dengan Jepang dengan membocorkan posisi tentara Cina dan diberikan imunitas, malah harus kehilangan anaknya (dibunuh dengan cara dibuang dari lantai atas) dan adik iparnya dibawa tentara Jepang untuk dijadikan Jugun Ianfu. Tim John Rabe termasuk diantaranya Minnie Vautrin (ini juga tokoh nyata) meminta kesedian 100 wanita secara sukarela untuk menjadi wanita penghibur selama 3 hari dengan imbalan kesejahteraan bagi para pengungsi. Yang terjadi berikutnya juga mengerikan, tidak lebih dari 10 orang saja yang bisa kembali selamat dengan kondisi sakit mental. Sisanya mati akibat diperkosa secara terus menerus oleh tentara Jepang ato dieksekusi (diantara adik ipar Mr Tang).

Kisah ini nyata terjadi di Nanjing di tahun 1937, dimana ribuan tentara dan orang Sipil dibantai, dan sekitar 20 – 80 ribu wanita diperkosa. Seorang jurnalis Jepang pada waktu itu mengatakan bahwa salah satu sebab Nanjing bisa ditaklukkan secara cepat karena ada perjanjian diam2 diantara perwira dan anak buahnya bahwa mereka bebas menjarah dan memperkosa setelah Nanjing ditaklukkan. Nanjing Massacre ato Pembantaian Nanjing berlangsung kira2 selama 6 pekan. Perkiraan jumlah korban pada waktu itu adalah antara 100 – 300 ribu menurut beberapa sumber.

Film ini ditampilkan dalam format hitam putih. Mungkin media yang sama yang dipakai oleh Schindler’s List? Tidak ada tokoh utama dalam film ini karena dalam beberapa segmen, ada tokoh utamanya sendiri2. Sudut pandang pun juga 2 sisi, dari sisi Cina dan Jepang. Sutradara Lu Chuan sempat mendapat kecaman dari masyarakat Cina karena penggambaran sisi simpatis dari serdadu Jepang, Kadokawa.

Penggambaran visual peristiwa Nanjing ini memang bikin gw shock karena adegan pembunuhan secara vulgar (jangan dipikir kayak hollywood deh… ga pake kata penutup langsung DOR!). Sempat bikin mimpi buruk (apalagi gw lagi demam juga waktu itu). Terakhir nonton film yang sempat bikin shock dan mimpi buruk adalah Canibal Holocaust. Kalo dirating sih 4.5 bintang (dari skala 5). Gw sarankan anda2 nonton aja deh… buat yang kuat mental. Ga ada DP sih (disturbing picture) tapi dramatisasinya bisa bikin pikiran melayang kemana2 dan malah terhantui pikiran itu.๐Ÿ™‚

Membaca sejarah Nanjing Massacre di beberapa situs internet kadang jadi ngeri kalo terjadi perang di sekitar kita. Bergidik dan makin tak mengerti manusia yang dianugrahi akal dan budi, berubah jadi lebih dari monster.

Gw pikir kayaknya bagus juga kalo huru hara paska G30S PKI dimana pembantaian diperkirakan sampai 3 juta orang juga difilmkan dari sisi humanisnya seperti film ini.

referensi tentang Nanjing Massacre bisa anda baca di sini:

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Nanking_Massacre
  2. http://www.gotrain.com/dan/nanking1.htm
  3. http://www.nanking-massacre.com/

Kalo anda punya referensi lain, boleh dikomentarin dan akan gw tambahkan. Thanks uda baca.๐Ÿ™‚