Tags

, , , , ,


Ketika saya nonton Suara Anda di Metro TV, ternyata salah satu berita yang ditawarkan adalah “Hitler vs Nurdin”. Saya belum liat sebelumnya, tapi saya berani taruhan pasti parodi “Der Untergang” ato “The Downfall”. Film produksi tahun 2004 ini menceritakan masa2 kejatuhan Hitler di bunkernya pada tahun 1945. Ini bukan film kacangan, karena sempat mendapat nominasi Film Berbahasa Asing di Academy Award.

Sebenarnya parodi The Downfall ini bukan pertama kalinya saya tonton. Parodi pertama yang saya tonton adalah Hitler (digambarkan sebagai fans MU) yang ngamuk karena Cristiano Ronaldo minta pindah ke Real Madrid. Dan, CR7 pindah setahun setelahnya.

Semua scene “The Downfall Parody” ini mengambil dari scene yang sama. Dimana Hitler ngamuk saat mengetahui Berlin telah dikepung oleh Rusia dan Sekutu. Parodi ini telah beredar dalam berbagai versi bahasa translasi dengan tetap mempertahankan suara asli Bruno Ganz (pemeran Hitler). Dengan kombinasi terjemahan bahasa yang kasar, jorok dan tidak sopan dengan ekspresi Hitler yang frustasi, maka pesan2 protes dan ketidakpuasan akan terasa pas dan masuk ke sasaran. Membuat kita jadi manggut2, bisa mengerti mengapa Hitler frustasi. Walaupun begitu kita juga bingung sekaligus ngakak apa hubungannya Hitler yg hidup 70 tahun lalu dengan XBOX.

Yup, menurut Wiki video parodi pertama yang diunggah ke youtube adalah Hitler gets Banned from Xbox Live. Sampe hari ini sudah diakses hingga 4.7 juta. Sementara, C.Ronaldo Leaves Manchester United For Real Madrid telah diliat sebanyak 1.4 juta, Hitler finds out Kanye West interrupts Taylor Swift (1 jt), Usain Bolt Breaks 100m World Record (1 jt ) dan Hitler Finds Out Sarah Palin resigns (500rb). Sumber disini.

Parodi ini muncul seiring dengan social event yang lagi hangat di dunia maya. Tidak ketinggalan kaskuser yang jengkel dengan para momod yang kerja keras untuk mem-blok video skandal mirip Luna Maya, Ariel dan Cut Tari.

Kabarnya banyak sekali video parodi Hitler yang beredar di youtube. Constantin Film sebagai distributor merasa hal tersebut melanggar hak cipta dan meminta pengelola Youtube untuk menghapus konten2 yang mengambil sebagian adegan dalam The Downfall. Youtube sendiri mengakhiri permainan “kucing2an” dengan usernya di tahun 2010 karena kerepotan. Setiap video yang dihapus, dengan cepat diunggah kembali. Jika tertarik dengan versi lain parodi Hitler, simak di sini yang mana favoritmu?