Tags

, , , , , , ,


Saya dapat cerita ini dari milis. Sengaja saya tambahkan info tambahan dari sini.

Steinmetz dan Einstein di tahun 1921

Charles Proteus Steinmetz adalah engineer elektrik handal yang terkenal, yang dulu bekerja di General Electric (GE). Pernah meja-meja kerja di GE diberi tanda ‘No Smoking’. Steinmetz segera menambahi tulisan di bawahnya, sehingga terbaca ‘No Smoking, No Steinmetz’, lalu ia pulang. Tak lama kebijakan itu dicabut.

Setelah Steinmetz pensiun, pernah GE mengalami kerusakan mesin yang parah. Karena tak ada satu engineer pun yang dapat menangani, akhirnya Steinmetz dipanggil kembali sebagai konsultan. Steinmetz berkeliling mesin-mesin, mengukur di sana-sini, dan mencatat di sebuah buku kecil.

Beberapa saat kemudian, ia mengambil kapur tulis, dan memberi tanda silang ‘X’ besar di sebuah modul. Para engineer melepas modul itu, dan segera menemukan kerusakan di bagian itu. Setelah bagian itu diganti, mesin berfungsi normal.

Steinmetz menagih GE sebesar $1000. Tapi eksekutif GE berkeberatan. Mereka bilang, “Masa hanya untuk sebuah tanda silang, kita harus bayar sedemikian besar.” Maka mereka meminta Steinmetz untuk memberikan rincian tagihan. Steinmetz pun membuat rincian sebagai berikut:

Membuat tanda silang $ 1.00
Menentukan posisi tanda silang $ 999.00
Total $ 1000.00

Note:
Charles Proteus Steinmetz (April 9, 1865, – October 26, 1923) lahir di Breslau, Germany (sekarang dikenal sbg Wroclaw, Polandia). Dia mengembangkan teori tentang alternating current (AC) yang memicu ekspansi industri tenaga listrik di Amerika. Popularitasnya di kalangan teknik elektro tidak sebaik Nicola Tesla (penemu Tesla Coil ato kumparan Tesla). Tidak banyak paten yang dicatatkan olehnya seperti Thomas Edison, karena Steinmetz tidak terlalu peduli soal penghargaan dan paten yang akhirnya didaftarkan oleh orang lain.

Jika rata2 harga emas di tahun 1921 adalah US$ 20.58/troy ounce, maka Steinmetz mendapat = 48.6 trouy ounce emas. Sekarang setara dengan US$ 64550 (US$ 1328.44/troy ounce pada kurs hari ini).