Tags

, , , , , , ,


Sampean liat ada banner baru di samping ini? Iya, betul. Mulai hari ini, semua blog2 gw akan mencantumkan paypal donations. Ya, sapa tau ada dari sampean2 berbaik hati untuk menyumbangkan sedikit rupiah sebagai tanda apresiasi.🙂

Mencantumkan banner ini ke dalam wordpress.com ‘sedikit’ menyulitkan jika tidak tau triknya. Sebagaimana kita tau, blog berbasis wp.com (demikian singkatnya) tidak bisa ditempeli dengan script. Pada percobaan pertama dengan bantuan posting2 blogger lain, ternyata bannernya ndak bisa muncul. Demikian juga dengan percobaan kedua dan ketiga. Script2 tersebut hilang ketika disimpan di text widget.

Untunglah, gw bukan orang yang mudah menyerah (boleh dong memuji diri sendiri, xixixi…).  Ternyata ada panduan resmi dari wp.com tentang hal ini. Sayangnya waktu dicari dengan keyword ‘paypal+wordpress.com’, page tersebut tidak muncul di urutan pertama. Yang muncul malah, tutorial untuk blog wordpress yang self-hosted, ato blogger. Ini yang menimbulkan kegagalan percobaan gw yang pertama hingga ketiga.

Langkah2nya sebagai berikut:

  1. Anda harus punya account paypal dulu ! Kalo tidak ada, terus sumbangannya masuk mana?😀
  2. Login ke account paypal anda, masuk ‘merchant services’.

  3. Buat tombol, ‘create button’, dan pilih ‘donation’ (donasi). Anda boleh memodifikasi bahkan mengganti dengan gambarnya dengan kesukaan anda.

  4. Jika sudah, maka anda akan dibawa ke kode htmlnya. Ada 2 tab disana, ‘website’ dan ’email’. Sebelumnya, gw ga paham tentang hal ini. Mode ‘website’ berisi script yang tidak bisa berjalan di blog wordpress.com. Sedangkan mode ’email’ berisi kode html yang bisa disalin ke ‘widget text’ blog wordpress.com.
  5. Jika sudah, salin kode html untuk gambarnya. Untuk tombol paypal secara ofisial, seperti berikut ini: . Lainnya bisa anda cari via google. Jika sudah, maka jangan lupa masukkan kode html dari paypal account anda di baris ‘link to image’. Liat skrinsyut bawah.
    6.  Selesai.

Tutorial berbahasa Inggrisnya bisa diliat di sini.