Tags

, , , , ,


Sekilas ngeliat adegannya, gw sadar film yang ini belum pernah gw tonton sama sekali. Ini film lama loh. Diproduksi di tahun 2005.

What? Filem lawas kok sik mbok bahas, cak?

Yo ben. Wong isoe cuma nonton filem lawas lewat tipi. Gratis pisan ^_^

Jalan ceritanya sederhana saja. Yuri Orlov yang diperankan oleh Nicholas Cage (ini salah satu aktor favorit saya), adalah seorang pedagang senjata gelap. Mulai kecil2an dulu dari antara mafia di regionalnya. Ketika era perang dingin usai dengan bubarnya Uni Sovyet, Yuri dapat berkenalan dengan jenderal rusia. Mendapatkan senjata2 dan peralatan militer canggih secara ilegal melalui koneksi militernya tersebut. Yuri menyuplai senjata pada perang2 saudara di Afrika. Salah satunya adalah Andre Baptiste, diktator Liberia. Bukannya tanpa kendala, Yuri juga selalu dibuntuti oleh Detective Jack Valentine dari Interpol yang diperankan Ethan Hawk.

Suatu ketika, Andre Baptiste meminta Yuri untuk menyuplai senjata kembali. Sebelumnya Yuri ‘tiarap’ karena Ava (Bridget Moynahan) mengetahui bisnis suaminya tersebut. Yuri mengajak adiknya Vitaly ke Sierra Leonne, untuk mengantar pesanan tersebut. Vitaly mengetahui bahwa senjata2 yang dia bawa tersebut akan digunakan untuk membunuh para penduduk sipil. Vitaly meminta Yuri untuk membatalkannya. Yuri menolak. Dan, Vitaly melakukan caranya sendiri. Mengebom truk pengangkut senjata dan dia sendiri diberondong peluru ketika akan meledakkan truk kedua. Suatu ironi terjadi ketika Yuri membawa jasad Vitaly kembali ke Amerika. Setelah jasadnya telah dibersihkan dari proyektil2 peluru dan mengarang surat kematian palsu, ternyata ada satu peluru yang tertinggal di jenasahnya. Yuri Orlov, seorang pedagang senjata gelap yang bisa mengelabui bea cukai dan hukum dimanapun, ternyata tertangkap karena 1 peluru saja.

Ya, gw bilang ceritanya mirip sinetron2 berbau klenik itu. Pedagang gelap yang selalu memanipulasi hukum internasional demi uang haram, akhirnya ditinggalkan oleh keluarganya, tidak diakui lagi oleh orang tuanya dan adiknya mati tragis, ketangkap interpol pula. Sudah jatuh tertimpa tangga pulak. Hanya saja akhirnya bukan sekarat plus luka dan berdarah2 gitu… hehehe…

note:
*menarik untuk mengetahui untuk apa blood diamond itu*
*note menarik dari wiki, katanya film ini di-endorse oleh Amnesti International untuk memperlihatkan jahatnya bisnis jual beli senjata ini*