Tags

, , , , , , , ,


Salah satu teknik menonjolkan Point of Interest (POI) adalah mengisolasi warna dari obyek tersebut. Biasanya secara overall foto dibuat hitam putih, kemudian obyek yang ingin ditonjolkan dibikin berwarna. Sehingga ketika foto itu pertama kali dilihat, ya … (diharapkan) mata langsung tertarik pada obyek itu.

Foto yang ingin gw edit kali ini adalah foto disini. Pilihannya sih ada 2 waktu itu. Mau meng-isolasi bajunya saja ato sekalian sama orangnya. Mencoba pertama kali sih bajunya aja. Dan, bisa dilakukan dengan mudah. Tapi, istriku bilang sekalian orangnya saja. Wah itu yang susah. Lasso hanya digunakan hingga satu sekuens sampe terbentuk kurva tertutup. Jika ada 4 kurva tertutup, wah… gimana caranya ya?

Untung dipinjemin buku  Adobe Photoshop CS4 for Photographers by Martin Evening.

Pertama-tama, duplicate layer dari foto yang ingin di-edit.

Kedua, select obyek yang ingin diisolasi menggunakan lasso tool. Yang perlu diperhatikan adalah, foto harus beresolusi tinggi. Sehingga anda bisa meng-zoom bagian2 tertentu hingga cukup jelas. Sehingga seleksinya bisa cukup halus dan hasil akhirnya diharapkan bagus banget. ^_^

Ketiga, jika ingin memilih obyek lain, maka simpan dulu hasil langkah kedua tadi menggunakan save selection (select–> save selection). Pilih, “new channel”. Isi nama layer masking ini. Sedangkan hasil seleksi kedua akan digabungkan dengan yang pertama menggunakan “add to channel”.

Keempat, aktifkan semua seleksi obyek tadi. Kemudian pilih “inverse”. Dengan begitu kita memilih obyek yang bukan-diisolasi. Obyek inilah yang akan dirubah warnanya menjadi hitam putih.

Kelima, aktifkan pilihan warna dan rubah menjadi hitam putih. Rubah beberapa parameter sehingga mendapat tonal yang diinginkan. Dan, jadilah foto dengan dwi-tonal (kalo boleh gw bilang begitu karena color dan BW) yang gw pengen. Ini contoh dari beberapa parameter yang gw rubah supaya mendapat hasil yang maknyuss…