Tags

, , ,


“Tahun baru kemana?”

“Gak kemana-mana. Anak masih kecil mo diajak kemana? Ntar owek2, susah lah kita.”

Ada yang maklum. Ada yang mengerutkan dahi (pertanda heran). Gw juga heran apa istimewanya acara 31 desember hingga 1 januari. Ga ada bedanya dengan tanggal 28 februari hingga 1 maret. Mungkin 29 februari itu malah harus dirayakan. Wong ketemunya 4 tahun sekali.

Sesuatu yang baru selalu menggairahkan, ga peduli anak2, hingga dewasa. Baju baru, sepatu baru, motor baru (dan apapun yang baru dipunyai) selalu menarik untuk di-expose di kalangan ramai. Dipakai dengan kegagahan. “Ini loh saya dan saya beli dengan hasil keringat saya sendiri”. “Ini loh mainan baru punyaku, dibelikan ayah karena juara menggambar”. “Ini loh baju baruku, dibelikan suami karena hadiah ulang tahun”. Sebenarnya bukan barangnya yang dirayakan, dibanggakan. Tapi, cerita dibalik sesuatu itu sendiri yang menarik untuk dibanggakan (entah pada diri sendiri, ato orang lain).

Tahun baru. Tahunnya ga baru. Udah dua ribu tahun lebih sejak masehi dilahirkan. Apanya yang baru? Semangatnya !!!

Tahun baru akan ada setiap 365 hari lagi. Dan ga akan berarti apa-apa jika kita tidak bisa memahami arti waktu. Waktu adalah intangible. Ibarat sumbu lilin, sekali disulut pantang surut. Tidak bisa disuruh cepat, ato lebih lambat. Dan akan mati karena kehabisan bahan bakar ato dipadamkan.

Ibarat baju baru, akan selalu terlihat ‘baru’ dengan perawatan yang baik. Motor baru juga akan berperforma baik seperti baru karo diservis teratur. Begitu juga dengan semangat baru harus dimaintain hari demi hari supaya tetap bersemangat apapun hambatannya.

Tahun baru selalu diiringi dengan resolusi baru. Target2 baru. Target yang dibikin dengan penuh semangat dan kegairahan. Apakah tercapai ato tidak, tentu tergantung masing2. Apakah itu menjadi resolusi kosong ato malah menjadi Key Performance Index kehidupan sampean untuk menjadi makhluk Allah yang lebih baik.

Tahun ini pun, KPI gw juga pas2an. Ada yang tercapai, ada yang tidak. Ada yang tidak diniatkan, tapi malah menjadi pencapaian luar biasa. Ada yang dijadikan target, tapi malah kosong tak tergapai. Bagaimana dengan sampean?

Buat saya hari ini adalah hari kamis. Besok adalah hari jumat yang kebetulan merah. 1 januari 2010 hanyalah satu milestone baru untuk menilai 2009, dan membenahi target jangka panjang. Ada cita2 2009 yang dilanjutkan dan ada pula target2 baru di 2010 yang harus diwujudkan.

Selamat tahun baru, sodara2ku, teman2ku.