Tags

, , , , , ,


Blog bisa dipromosikan seperti dagangan lainnya. Via teman sepermainan, sodara seperguruan, relasi kerja maupun teman maya dengan metode dari konvensional. Misalnya pas lagi ngegosip. “Eh, barusan review film terbaru Miyabi loh. Cek deh di blog gw”. Ato, Sebarkan saja kartu nama dengan alamat blog sampean. Bisa juga, kasih signature dalam setiap email yang anda kirimkan. Kalo bermodal gede, tentu saja undang wartawan gosip kelas nasional dan adakan konferensi pers.

subscribe-my-pageranknet Tapi, banyak juga blogger2 profesional (dalam artian dia bekerja sebagai blogger dan itulah mata pencahariannya) menggantungkan pada traffic via search engine. Dengan harapan, dari sekian juta pengguna internet mungkin ada 1-2% diantaranya tersesat di blognya ketika sedang mencari content tertentu. Harapannya tentu saja, para visitor ini yang akan meng-klik iklan2 yang bertebaran di blognya. Tentu saja ini adalah salah satu contoh kasus dimana blogger tersebut mencari uang dengan adsense ato pay per click.

Salah satu buku yang gw pernah baca menyarankan untuk menggunakan mypagerank.net untuk mendaftarkan diri pada lebih dari 20 search engine di dunia. Blog gw yang ini memang diniatkan untuk masyarakat Indonesia. Sehingga, prioritasnya didaftarkan pada search engine yang lazim dikenal di Indonesia.

Prinsip kerjanya sebagai berikut. Para search engine ini punya crawler yang secara berkala meng-index seluruh situs yang ada di dunia. Langkah ini adalah langkah menjemput bola. Daripada pasif menunggu crawler, mendingan kita bergerak aktif untuk mendaftarkan blog kita. Tujuannya supaya content kita cepat laku, dan bermanfaat dalam tempo yang singkat.

  1. Kunjungi http://www.mypagerank.net/
  2. Lihat sidebar dan cari sitemap submitter. (langsung klik disini juga bisa)
  3. Jika tidak punya account, anda cuma didaftarkan pada ask.com, google.com, yahoo.com dan MSN
  4. Jika punya, anda bisa liat screen shot dibawah ini.

Mendingan punya account-nya saja. Gratis kok. Lagipula, fasilitasnya lebih banyak daripada yang ga punya account sama sekali.