Tags

, , , , , , , ,


Ranmor itu abreviasi dari kendaraan bermotor. Biasanya lengket dengan awalan Cu, menjadi curanmor = Pencurian Kendaraan Bermotor. Kali ini gw mau membahas 2 hal, kantor Samsat Batam dan procedure membayar pajak ranmor.

Seharusnya gw bayar pajak itu tiap bulan Mei. Biasanya bareng si QQ, sobat dekat teman pertama kenal di Batam. Entahlah, kok ya lupa saat itu. Baru inget di bulan Juli! Hasilnya, ya pasti didenda lah. Setaun lampau, mengurus pajak ini di gedung Pertamina Tongkang, Batu Ampar [1° 9’44.16″N – 104° 0’15.66″E]. Mulai awal 2009, Samsat Batam dipindahkan ke Gedung baru Samsat dekat asrama haji. Namanya Graha Kepri [1° 7’27.49″N – 104° 3’25.33″E].

Graha Kepri

Gw datangnya kepagian. Jam 07.20. Kirain kantor buka jam 07.30 gitu. Ternyata, kantornya masih dibersihkan. Sehingga, gw muter2 aja sambil bawa kamera HP motret sana-sini sambil mengenali lingkungan.

Layout Eskternal
Soal kebersihan, kantor ini boleh diacungi 4 jempol. 2 jempol tangan dan jempol kaki. Hehehe. Tidak berkesan kumuh ato kusam. Samsat Kepri (layanan STNK dan BPKB) ini terletak di lantai satu Graha Kepri. Sedangkan lantai 2 adalah kafetaria dan toilet umum.

Nanti masuk ruangan ini

Layout Kafetaria Samsat

Mari kita cobain toiletnya.🙂
Toilet umum ini ada di lantai 2. Toiletnya pun bersih. Entah ya… Kalrio ntar agak siangan dikit. Selesai nyobain tu toilet, ada ibu2 yang minta sumbangan. Ga jelas minta berapa. So, dengan adanya penjaga toilet, gw berharap toilet itu bersih sepanjang hari. Seperti gw bilang tadi, selantai dengan toilet adlah kafetaria. Belum buka sih. Karena gw datangnya kepagian… Tapi secara overall gw suka layoutnya. Rapi dan sejuk. Kayaknya bakal kepanasan kalo di selasar pas pagi dan sore hari. Karena terekspos matahari dari arah timur dan barat.

Layout Internal
Begitu pintu dibuka tepat pukul 8, semua orang berlarian. Ngantri di informasi dulu. Perhatikan syarat2nya ya? Kalo engga, bisa diusir keluar deh.

Prosedur Di Samsat

Sepintas ga ada yang istimewa dengan layout internal Samsat kepri. Loket2 bersusun rapi. Eh, ada loket Bank Bukopin. Berarti sekarang semua pembayaran dilakukan lewat Bank. Tidak melalui petugas. Ada layer LCD besar di tengah ruangan. Buat apaan ya? Apakah hiasan semata seperti di Kantor Imigrasi Batam?

Loket-loket di Samsat

Di pojok ruangan, ada ruang tunggu untuk wanita hamil, ibu menyusui, para lansia dan orang cacat. Allahu Akbar, ini kantor yang bener2 me-manusia-kan penggunanya. Orang2 dengan keterbatasan fisik diberikan fasilitas khusus. Bahkan mereka diberikan loket khusus. Loket 1 dan 2.

0827. Ini loket kok ga dibuka2 sih? Katanya mulai jam 8? Hmmm… ini yang rada susah dirubah. Masih jam karet, ternyata… hehehe….

Tepat jam 08.50, loket 4 dibuka. Kemudian ke loket 5, setelah itu ke loket 7/8/9. setelah itu baru ke loket 10 untuk pengesahan. Cuma 15 menit totalnya. Lebih lama nunggunya daripada ngurusnya.

Oiya, LCD yang gw omongin sebelumnya adalah seperti preview status antrian anda. Urutannya adalah sebagai berikut:
– Selesai di loket 4 (pendaftaran) adalah siap ditetapkan.
– Selesai di loket 5 (penetapan) adalah siap dibayar.
– Selesai di loket 7/8/9 (pembayaran SPKB) adalah –selesai- (berarti uda lunas bayarnya)

Saking canggihnya sampean bisa liat jam berapa berkas anda masuk, berapa lama selesainya. Kayak update status FB aja…

LCD di samsat

Kalo sudah sedemikian mudah, gw juga ga paham kenapa orang lebih suka membayar jasa calo untuk ngurusin. Jika jawabannya adalah “bagi-bagi rejeki”, gw no comment saja lah. Itu hak anda.

Secara umum, persyaratan untuk membayar pajak kendaraan bermotor adalah BPKB, STNK, slip pajak tahun lalu dan KTP. Semuanya asli. Perhatikan bahwa KTP yang diserahkan adalah KTP pemilik kendaraan. Bukan yang ngurusin. Lebih baik datang pagi kira2 jam 0800.

Jadwal pelayanan adalah sebagai berikut:
Senin-Kamis :pendaftaran 0800-1230 | pelayanan kasir 0800-1400
Jumat: pendaftaran 0800-1150 | pelayanan kasir 0800-1330
Sabtu: pendaftaran 0800-1100 | pelayanan kasir 0800-1200

Last but not least, jangan menyuap untuk memudahkan proses. Bahkan membuka peluang untuknya.

Say NO to Corruption

sstt…kalo parkir di belakang gedung aja. uda teduh, aman, ga ditarik ongkos parkir lagi. :p