Tags

, , ,


Pernah punya cita2 kan? Pasti dong. Kayaknya punya cita2 bagi setiap anak2 itu wajib deh. Karena itu pertanyaan yang pasti ditanyakan ketika di bangku TK. Berapa banyak dari kita yang tercapai cita2nya? Kurang tau juga. Kayaknya ga ada riset khusus mengenai itu.

Gw dulu punya cita2 jadi pilot waktu TK. Ya pokoknya jadi pilot entah pilot militer ato civil aviation. Sampe SMP, pengen jadi dosen. Entah dosen apa. Pokoknya ngajar. Ortu gw nyengir aja. SMA, hehehe…pengen jadi dokter, tentara dan electrician. Apa daya, lewat semua. Liat korban kecelakaan, mual2. Itu pertanda bahwa gw ga cocok jadi dokter. Mau jadi tentara, ibu gw bilang, “Sengsara, nak. Percayalah”. Electrician? Apalagi yang itu. Semua aplikasi ke perguruan tinggi elektro, gatot !

Singkat kata, inilah gw. Civil Engineer.

Hari senin kemaren, ada seorang client bercerita tentang keluarganya. Menikah di usia muda, mempunyai 2 anak yang sudah dewasa dan istrinya sedang sekolah lagi. Gw tanya, “O…istrimu dosen ya? Sekarang S2 ato S3?” Dia jawab, “O…bukan. Istriku lagi berganti karir”, Gw jadi ingin tau apa pasalnya kok switch career. Tanpa keberatan dia ngelanjutin,” Sekarang kami merasa berkecukupan. So, aku nanya ama istriku apa yang ingin dia lakukan dengan hidupnya. Dia bilang dia ingin melanjutkan impiannya dulu. Jadi perawat.
“Loh, emangnya selama ini istrimu ngapain?”
Dia ngelanjutin, “Dia dulu sempat sekolah perawat. Sayangnya ga diterusin karena keburu gw nikahin. Selama ini dia di project engineering. Dan sekarang dia memutuskan untuk meneruskan impiannya dulu. Being a nurse, help others and save the world”.

What a story. Mencerahkan.

Banyak dari kita berganti karir impian secara ga sengaja. Entah karena keadaan, paksaan ortu, sodara, pengen bareng temen, ato pas kebetulan aja. Pengen jadi engineer, eh malah jadi sales. Pengen jadi programmer, malah jadi sekretaris. Ato apa pun deh. Sebagian bersikap pasrah menjalani hidup. Ada juga yang cuma menggerutu saja mengutuki nasibnya. Ada yang enjoy juga dan berbahagia. Gw yakin pasti lu setuju kalo gw bilang yang lebih baik adalah orang yang berusaha terus menemukan impiannya. Menemukan makna hidupnya buat dirinya sendiri dan orang lain.

I called it, Life. Because life is a compilation of struggling stories which may enlighten others. If you succeed, you’re a winner. If not, keep working on.

Kira2 apa karir impianmu?