Tags

, , , , , ,


Si Meutia Anggun sudah bisa tengkurap. Duh,senengnya…Dibandingkan Iqichan, perkembangan si MAK (ini singkatan namanya) lebih pesat. Di umur 4 bulan sudah bisa tengkurap. Dan baru saja bisa tengkurap sambil muter2 trus berbalik. Lucu ya? Tidur pun sudah mulai bergaya. Biasanya tidur telentang (supine position), kemudian tidur miring (sambil memamerkan pipinya yang tembem). Sekarang uda mulai suka tidur tengkurap (prone position).

SIDS = Sudden Infant Death Syndrom. Sindrom kematian mendadak pada balita. Biasanya terjadi pada anak yang baru lahir hingga 1 tahun. Suatu kematian dianggap SIDS bila setelah tahapan penyelidikan dan otopsi sudah dilalui dan penyebab kematiannya adalah misteri. Secara statistik, SIDS terjadi pada 1 pada 2000 anak di US.  Tidak diketahui berapa yang terjadi di Indonesia.

Banyak hal yang diduga sebagai penyebab SIDS. Salah satunya adalah posisi tidur. Bayi di bawah 6 bulan masih susah menahan kepalanya, juga mengubah posisi dari tengkurap ke telentang dan sebaliknya. Dengan posisi wajah menghadap bawah, ada kemungkinan mereka menghirup CO2 yang mereka keluarkan dalam pernapasan mereka sendiri. Kemungkinan kedua, bisa menimbulkan sesak napas karena dada menahan berat badan mereka sendiri. Jika dalam keadaan sadar, infant akan me-warning orang tuanya dengan berteriak, bahkan menangis meminta tolong untuk dikembalikan ke posisi nyamannya. Jika kondisi tidur, anda bisa bayangkan bagaimana bukan? Inilah potensi bahayanya.

Anggun tidur pake guling u/ mencegah SIDS

Anggun tidur pake guling u/ mencegah SIDS

Saya pernah membaca bahwa SIDS hazard seperti ini bisa dikurangi dengan menggunakan guling. Selipkan saja si guling diantar paha dalam posisi memeluk seperti foto  diatas. Gulingnya jangan gede2 ya. Bisa sesak napas ditelan si guling dewasa. Si Anggun susah juga kalo mau menaiki guling. Alih2 menaiki, dia akan tetap nyaman dalam posisi miring ato malah telentang kembali. Hehehe…simpel.

SIDS karenatidur salah posisi ini bisa dicegah dengan cara:

  • Usahakan bayi tidur telentang.
  • Bayi hendaknya ditidurkan di tempat yang rata, tidak terlalu empuk pula. Kasur yang empuk mudah membenamkan bayi. Bantal dan guling juga seminimum mungkin. Hindari menidurkan bayi di sofa yang empuk ato malah kursi tamu. Bisa2 malah jatuh.
  • Tidur dekat bayi dan jagalah hingga 6 bulan. Ini saat kira2 bayi sudah bisa membalikkan badannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Bayi yang dekat dengan orang tuanya, tentunya lebih aman bukan?
  • Selimuti secukupnya. Bayi memang butuh kehangatan, tapi jangan sampe overheat dong. Overheat juga punya potensi meningkatkan bahaya SIDS. Sebagai orang tuanya, anda bisa mengukur tingkat kenyamanan anda dan bayi anda kan?
  • Ini yang istri saya suka. Berikan ASI karena bisa menurunkan terjadinya infeksi pernafasan dan pencernaan. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa resiko terjadinya SIDS bayi yang minum ASI lebih rendah daripada yang minum susu formula.
  • Jika bayi mengalami gangguan pernapasan, ato malah sampe pucat hingga membiru, segera mencari pertolongan dokter ahli. Jangan ditunda.

Anda bisa baca lebih detil tentang SIDS ini di: