Tags

, , , , ,


Real Model Train

Real Model Train

Ketika saya masih sekolah di semester 2, ada satu game yang bikin saya demen sampe betah ndak tidur. Bahkan beberapa kali bolos kuliah juga), kacau…hehehe. Game real-time strategy management, Transport Tycoon. Mungkin beberapa gamer yang satu generasi Windows 98, pasti ngerti game ini. Jika anda belum tau, game ini tentang gimana menjadi juragan transportasi. Mulai dari bis, kereta api, pesawat, dan kapal. Buat saya sendiri, daya tarik terbesarnya adalah tentang modelling transportasi kereta api. Tau sendiri kan, kereta api hanya bisa jalan lewat rel. Untuk meminimalisir biaya konstruksi, rel dibangun hanya satu saja untuk beberapa kereta. Kemudian diperlukan sistem sinyal yang akan mengatur lalu lintas kereta yang melintasi rel tersebut. Nah, pengaturan sistem sinyal itu yang asik. Kalo salah tempat dan logika, bisa2 semua kereta ga bisa jalan. Ini jalan paling murah untuk memiliki model train macam ini.

Karena dikembangkan di era 90-an, tentu saja game ini tidak bisa jalan di sistem operasi jaman sekarang macam Vista. Di tahun 2003, sekelompok orang meng-clone game ini dan menjadikannya sebagai projek open source bernama OpenTTD (Open Transport Tycoon Deluxe). Saya sendiri pernah membacanya di majalah Linux, dan berniat mencobanya.  Proses instalasinya mudah, plus kerja tambahan. Ga bisa begitu install, langsung bisa di-running.

OpenTTD bisa diinstal langsung dari synaptic. Applications –> System –> Synaptic, search “OpenTTD”. Setelah terinstal, anda perlu meng-impor file grafis dan file musiknya. Khusus untuk 2 file ini aja yang tidak ada versi open source-nya. Yang ini hanya bisa anda dapatkan jika anda punya versi legalnya. Yang kita perlukan adalah mengkopi beberapa filenya supaya programnya bisa berjalan. Anda bisa googling untuk mendapatkan versi cracknya dengan resiko tanggung sendiri ya…

Jika sudah mendapatkan versi windows ato DOSnya, segera extrak ke Desktop saja. File-file yang harus di-copy adalah Graphic files: trg1r.grf, trgcr.grf, trghr.grf, trgir.grf, trgtr.grf, (semua yang berekstensi grf), Sound files: sample.cat, juga musik (biar ga garing),  *.gm, salin ke folder /gm. Buka terminal dengan cara Aplikasi – Aksesoris- Terminal.

  1. Ketik sudo su (enter) lalu masukkan password anda (enter). Kita berada pada posisi root. Posisi tertinggi dalam hierarki sistem linux.
  2. Ketik cd /home/wtofani/Desktop/openttd-data/data (enter). Perintah cd berarti pindah direktori/folder.  wtofani adalah nama user saya, sesuaikan saja dengan nama user anda sendiri.Directory yang kita tuju adalah folder data yang berada didalam folder openttd-data yang kemudian berada didalam folder Desktop dan seterusnya.
  3. Ketik cp *.grf sample.cat /usr/share/games/openttd/data (enter). Perintah cp adalah meminta sistem menyalin semua file .grf dan sample.cat di dalam folder data tadi ke usr/share/games/openttd/data.
  4. Ketik chmod 777 *.grf sample.cat (enter). Perintah ini merubah file permission agar setiap kali akan menjalankan openttd tidak perlu masuk ke root terlebih dahulu.
  5. Pindah direktori lagi untuk menyalin file musik, cd /home/wtofani/Desktop/openttd-data/data/gm
  6. cp *.gm /usr/share/games/openttd/data (enter)
  7. chmod 777 *.grf sample.cat (enter)

Setelah instalasi Openttd selesai, jalankan Openttd Aplications – Games – OpenTTD. Enjoy !!

Intro_screen