Tags

, , , , ,


Kemaren saya menemukan artikel menarik tentang pertumbuhan balita. Biasanya pertumbuhan anak dipantau dari KMS [Kartu Menuju Sehat]. Ga ada salahnya mengetahui rule of thumb alias pakem pertumbuhan anak bisa diukur dari tinggi dan berat badan, maupun lingkar kepalanya untuk cross check.

  1. Ukuran rata-rata lingkar kepala bayi ketika lahir 35 cm.
    Pada usia 6 bulan, lingkar kepala bertambah kurang lebih 8,5 cm, menjadi 43,5 cm. Pada usia setahun bertambah sekitar 12 cm dari waktu lahir menjadi sekitar 47 cm.
  2. Panjang bayi saat berumur 1 tahun rata-rata 1,5 kali panjang lahir. Pada umur 4 tahun, 2 kali panjang waktu lahir.
  3. Rumus perhitungan berat badan
    Untuk mengetahui berat normal anak usia 1-6 tahun adalah 2 n + 8 (n adalah usia anak).
    Berat badan bayi usia 6 bulan adalah 2 kali lipat berat lahir.
    Berat badan bayi usia 12 bulan adalah 3 kali lipat berat lahir.
  4. Bayi prematur memiliki cara penghitungan berbeda. Pemantauan tumbuh kembangnya harus berdasarkan usia sesungguhnya — bukan usia lahir. Misal jika dia lahir di usia 30 minggu, berarti 7 minggu lebih cepat dart usia sesungguhnya. Maka jika usianya saat ini 4 bulan, sebenarnya 4 bulan dikurangi 7 minggu, yaitu 2 bulan 1 minggu. Bayi prematur, atau yang lahir dengan berat badan rendah (BBLR biasanya juga memiliki kemampuan menelan kurang baik. Bila tidak diantisipasi, bisa menghambat pertambahan berat badan.

Note:
Setiap hasil pengukuran tubuh memiliki rentang. normal. Fisik bayi yang kurus tidak sèlalu pertanda bermasalah atau kurang gizi selama BB-nya masil di dalam range normal grafik pertumbuhan. Bila bayi aktif, bahagia, dan ciri-ciri tumbuh kembar lainnya normal, jangan khawatir.

Hindari membandlngkan dengan bayi lain walau usia dan jenis kelamin sama atau bahkan dengan saudara kandungnya, karena setiap anak unik, berbeda, dan memiliki ciii khas tersendiri.

Berat badan anak kurang, tidak naik, atau tur yang terjadi lebih dan 6 bulan, biasanya akan mempengaruhi tinggi badan anak. Artinya, anak tidak bertambah berat dan tinggi. Meski tampak proporsional, dia sebetulnya kurang gizi. Perawakannya pendek, atau disebut stunted.

(dikutip dari ayahbunda)