Tags

, , ,


Subject: Fw: July 22nd 2009 another Tsumani..2

Hi,

Please be more cautious as the warnings has been given – not sure how accurate this is.
Attached a photo for u.
tsunami

I just received this message from a colleague. I don’t know the source of the message; I also don’t know the credibility of the content, but just beware.
Below is the content on the message:

“Hello there. I just wanted 2 let you know that please stay away from the  beaches all around in the month of July. There is a prediction that there will be another tsunami hitting on July 22nd. It is also when there will be sun eclipse. Predicted that it is going 2 be really bad and countries like Malaysia (Sabah & Sarawak), Singapore, Maldives, Australia, Mauritius, Si  Lanka, India, Indonesia, Philippines are going 2 be badly hit. Please try and stay away from the beaches in July. Better 2 be safe than sorry.. Please pass the word around. Please also pray for all beings.”

Saya menerima email HOAX ini seminggu yang lalu via milis. Sekali lagi, ini email HOAX yang tidak pantas diteruskan. Email ini beredar di Singapore, Malay dan Indonesia (terutama Batam) sebagai tempat yang disebut dalam email tersebut sebagai tempat yang akan terkena imbas dari tsunami. Email ini sempat dibahas di Channel News Asia of Singapore untuk memberikan penjelasan logis dan menenangkan warga sana untuk tidak bersikap panik. Silakan buka disini.

Tapi saya punya perasaan, hoax ini kayaknya akan di-daur ulang dengan bahasa Indonesia. Sebelum itu terjadi, akan saya bantah terlebih dulu. Tidak ada alasan, “sekedar forward”, ato “biar waspada”. Karena waspada itu selalu dipraktekkan setiap saat dan dimana saja. Dan ga perlu pake berita bohong untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kenapa disebut hoax?

  1. Tsunami disebabkan oleh gempa tektonik ato vulkanik di lautan. Bisa juga karena longsor di dalam lautan, ato jatuhnya meteor di lautan. Tapi TIDAK karena tarikan gravitasi di saat gerhana matahari.
  2. Menurut snopes.com, hoax-slayer yang cukup terpercaya, gambar tersebut diambil dari sebuah blog. Si blogger mengutarakan teorinya tentang tarikan gravitasi saat gerhana matahari dan memperkirakan ada patahan yang terlepas, terjadi gempa kemudian mengakibatkan tsunami. Ada dugaan foto tersebut disebarkan via email dengan tambahan komentar yang saya beri warna biru. Jadi foto dan komentar tersebut diduga berasal dari 2 sumber yang berbeda. Ini yang penting, Blogger tersebut tidak punya background dibidang gempa ato geologi malahan dia adalah seorang pembuat game. Sehingga teori itu meragukan, bahkan dikecam oleh beberapa komentatornya. Anda bisa membaca komentar2 itu yang meruntuhkan teorinya.
  3. Sependek sepengetahuan saya, gempa belum bisa diprediksi. Karena tsunami diakibatkan oleh gempa, maka email ini sudah mentah di subjectnya karena mencantumkan tanggal terjadinya.

Wallahu Alam Bishawab