Tags

, , , ,


Konon katanya ini hidangan khas kota Solo, propinsi Jawa Tengah. Itu sesuai dengan pengakuannya di spanduk besar yang terpasang di warungnya. SOTO KWALI SOLO. Padahal, saya itu dulunya juga sering maen ke Solo. Punya teman orang solo juga. Entah kenapa, kok malah ndak ada yang mempromosikan hal ini. Lucunya, baru ketemu masakan maknyus tiada terkira ya… di Batam ini. Saya juga heran kok bisa ketemu masakan khas Jawa di bumi Lancang Kuning ini. Mungkin karena orang2 batam campur aduk dari berbagai pelosok Indonesia kali ya… (emang iya…)🙂

Soto Kuali Hangat (sedap... :p )

Soto kwali ini sebenarnya juga ndak berbeda dengan soto madura yang biasanya dibikin Ibunda tercinta. Satu mangkok makanan berkuah itu terdiri dari atas nasi, tauge, irisan daging sapi ditambah taburan bawang goreng. Trus disajikan bersama irisan jeruk nipis, kecap dan sambal disediakan pula sebagai campuran. Saya biasanya makan kosongan aja. Yang menarik, ternyata soto kuali ini ada asesorisnya. Namanya mendoan dan berupa tempe goreng tepung, sate paru, dan telur puyuh. Hehehe…hati2 buat sampean yang uda punya kolesterol tinggi.

Soto dan Mendoan

Kwali sendiri adalah sebuah wadah terbuat dari tanah liat. Setau saya sih, menurut KBBI yang bener istilahnya ya Kuali. Entah kenapa kok ditulis kwali. Biar keren kali yee…

Biasanya disajikan panas-panas. Enak dimakan di kala lapar (hehehe…ya iya lah. Apa sih lauk terenak selain lapar). Satu mangkok Soto Kwali plus 1 lembar tempe goreng tepung dengan teh Obeng bisa ditebus dengan uang Rp. 12500.

Soto kwali ini bisa diakses [halah] di Ruko Penuin Center. Warungnya depan Penuin Hotel. Kalo dari Nagoya, tinggal menyusuri jalan Imam Bonjol yang teduh. Sampe Simpang Hotel Harmoni, silakan belok kiri ke jalan Pembangunan dan terus aja sampe di dekat Warung Pincoek. Terus tanya orang disitu, dimana warung Soto Kwali. Hehehe…tempatnya rada nylempit (apa ya basa Indonesia nya?) dari jalan utama. Tapi saya berani jamin, ga susah dicari kok.

Mendoan

Ternyata eh ternyata, Soto kwali juga sudah buka cabang di Food Street Nagoya Hill dan Pasar Mega Legenda- Batam Center.