Tags

, ,


Friends, what is difference of anyway and by the way? what is condition should be used for each of them? thank you for your explanation. (Ferry)

Ini pertanyaan yang muncul di Milis FEC kemaren. Gw bukan ahli bahasa, tapi gw coba terangin dari pengalaman gw. Kalo tidak setuju, tinggal sampean komentarin di kolom komentar ya…🙂

Anyway
Anyway ini kata keterangan. Fungsinya menegaskan kalimat si pengucap bahwa dia menafikan ato tidak mempertimbangkan saran dari orang lain. Contoh kalimatnya seperti ini, “I’ll accept it anyway, it doesn’t matter what your opinion is”. [Apapun pendapatmu, aku menerimanya apapun itu].

Bisa juga menjadi semacam kata sambung yang melanjutkan/menyimpulkan topik pembicaraan. Misalnya sampean sudah lama punya masalah dengan henpon anda. Sampean uda tanya sana-sini dan belum ketemu solusinya. Tau2 teman anda bertanya. Dengan nada pasrah sampean berucap,  Anyway, finally I bought new handphone last night and the problem is gone”.

Jika tulisannya dipisah, any way, maka maknanya berubah menjadi “dengan cara apapun”. Contoh kalimatnya adalah, “I don’t want to hear any complaints since now, solve it in any way you can“.

By the way
Ini kata keterangan juga. Adverb. Digunakan saat anda  mengalihkan/berpindah topik pembicaraan. Untuk penggunaan “by the way”, biasanya digunakan untuk mengalihkan topik pembicaraan. Misalnya anda dan client berdiskusi tentang masalah pekerjaan selama 20-25 menit. Kemudian diskusi itu sudah selesai dan problem solved. Sebagai penutup, anda bertanya tentang keluarganya (yang mana ini topik baru dan sudah keluar dari masalah utamanya tadi). By the way, John. How’s your son? I heard from Tom that he was sick last week”.

Bahasa bukanlah ilmu pasti. Kapan dan bagaimana menggunakannya tergantung rasa dan kondisi masing2 orang.