Tags

, , , , ,


Melanjutkan posting saya yang sebelumnya, maka hari ini dilanjutkan dengan mendaftar hosting gratisan. Saya memilih di 000webhost.com. Langsung sign-up saja. Isi dengan nama domain dengan nama domain yang kita daftarkan kemaren. Saya mendaftarkan mockupline.co.cc. Pastikan semua kolom terisi dengan benar seperti alamat email dan password. Setelah itu akan diproses dalam waktu 1-2 menit. Jika semua berjalan lancar maka akan muncul layar notifikasi seperti dibawah ini.

Perhatikan entry:

02sswebhost

1> Kolom pertama adalah data yang kita perlukan untuk mengatur DNS di co.cc. Buka situs Co.Cc dan sign in, kemudian Manage Domain –> Setup –> Manage DNS.

01cocc5

2> Download wordpress terbaru disini.

3>  <!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>Login ke Account 000Webhost.com sampean, dan set MySQL database. Masuk CPanel dan carilah gambar MySQL yang dikotak merah seperti ini:

mysqldatabase

4> Isikan  MySQL database name dan MySQL username. Database name dan username harus sama seperti contoh dibawah ini. Untuk password, itu berbeda dengan password sewaktu sampean login baru. Itu adalah password baru. Jika semua sudah terisi, klik “create database”.

01mysql

5> Upload WordPress ke public_html folder.

6> Jika proses upload selesai dengan sukses, maka sampean harus melakukan sedikit perubahan pada file configurasi Wordpess. Masuk ke 000Webhost.com lalu klik Another File Manager, seperti pada gambar yang saya kotak merah berikut ini:

anotherfilemanager

7> Ganti file bernama wp-config-sample.php menjadi wp-config.php, seperti pada gambar di bawah ini:

02wp-config

8> Setelah itu edit file wp-config.php. Kemudian masukan Database username, Database host, password seperti yang sampean setting di MySQL di langkah #4 tadi, contoh gambarnya:

03configphpedit

Setelah itu simpan setting tersebut dengan menekan tombol opslanenafsluiten1

9> Delete default.php di folder Public_HTML agar tampilan blog WordPress anda yang langsung muncul ketika diakses, bukan tampilan default 000Webhost.

10> Coba akses blog sampean dengan nama domain yang sudah didaftarkan tadi, misalnya http://www.mockupline.co.cc, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Isikan nama blog dan alamat email sampean. Klik Install WordPress.

04install_wp

11> Setelah itu akan muncul tampilan baru, yg memberi info tentang Account anda untuk login ke blog WordPress, seperti Admin, dan password random kurang lebih begini bentuknya: 2daFYasjuw.

05notificationswp

12> Ganti aja passwordnya yang sampean gampang inget. Terlebih dulu login ke blog anda pake password lama (yang rangkaian unik itu) kemudian ganti di settings.

Dan untuk melihat hasilnya silahkan ke: http://mockupline.co.cc/

Begitulah langkah-langkah untuk install WordPress di 000Webhost tanpa Fantastico Autoinstaller.