Tags

, , , ,


Uda lama saya mengidamkan punya satu blog lagi yang bisa di-oprek habis2an luar dalam. Dalam beberapa diskusi tentang wordpress, saya cuma bisa manyun ngeliat problem para blogger tentang coding wordpress. Saya pikir, “Orang2 ini kok mau2nya nyusahin diri sendiri. Kenapa ga pake yang sudah ada saja sih? Tinggal ketik dan ketik. Ndak perlu memikirkan penampakan penampilan, widget, ato upgrade”. Beberapa blogger senior macam pak pujiono di jalan sutera mengamini pemikiran saya. Blogger dituntut meng-update kontennya.

Namun begitu, sobat virtual saya, si kambing oranye juga menambahkan, “Kalo bisa ditampilkan lebih baik kenapa engga, Bro. Toh, penampilan juga penting kan?”. Jujur saya akui, kadang2 saya juga iri ama tampilan blogger2 lain. Kok bisa bening kayak gitu ya…

Plus ditambah lagi, saya pernah mo ikutan job review di smorty.com. Salah satu syaratnya adalah blog tersebut tidak boleh berdomain gratisan macam wordpress.com ini. Memang sih, sekarang juga ada situs yang membolehkan macam reviewmu.com. Juga script google adsense yang ditolak masuk di wp.com. Duh…lengkaplah penderitaanku. Ngenet cuma ngabis2in (walaupun ilmu yang didapat juga lebih banyak).

Saya pasang target bahwa taun ini bisa dimulai. Kendalanya satu, saya ga mau buang2 duit untuk sewa domain dan hosting tapi akhirnya mangkrak. Laptop ini uda jadi kekuasaan penuh si Iqichan. Saya cuma bisa pake di jam kalong macam sekarang ini. Dan tentu saja, ga bisa terus2an secara regular di weekdays. Bisa pingsan di lapangan keesokan harinya.

Si Heru dari BBC (Batam Blogger Community Not BBC News of England) menyarankan untuk mencoba menggunakan hosting gratisan dulu. “Lumayan buat percobaan, mas”, katanya dalam diskusi via Pidgin. Dia dengan baik hati menunjukkan beberapa situs hosting gratis lokal dan internasional. Thanks Bro. I appreciate it. Walaupun begitu kekhawatiran si Empe tentang layanan gratisan juga perlu diperhatikan. “Kalo datanya hilang, bisa nangis tujuh turunan. Plus, ga bisa minta garansi. Gratisan kok minta premium service””. Ya sudah, dalam beberapa pekan mendatang saya akan membuat versi personal blog saya dihosting sendiri. Terinpirasi dari beberapa kali mock-up dan trial fit yang saya lakukan dalam pekerjaan harian saya, maka hari ini saya memutuskan membuat mock-up dari blog itu sendiri dengan menggunakan domain dan hosting gratisan. Itulah ajang oprek ancur2an dengan penuh bertanggung jawab.🙂

Seperti biasa, apa yang saya akan lakukan diposting disini untuk dokumentasi pribadi dan moga2 bermanfaat buat yang lain.🙂