Tags

, , ,


Beberapa kali, saya memposting dalam bahasa Inggris. Mengingat kemampuan yang agak kurang itu, maka alat bantu berupa kamus ini mutlak diperlukan supaya saya keliatan pinter (walaupun sebenarnya emang engga🙂 ). Di komputer kantor yang diperkuat Windows XP, ada beberapa software kamus yang saya pake. Diantaranya Oxford Concise Dictionary, dan kamus indonesia – inggris.  Juga beberapa kamus inggris online.

Saya sendiri ga terlalu suka pake kamus Indonesia – Inggris (vice versa) saja. Kadang kamus2 ini kurang “menggigit” dalam mengalihbahasakan, nilai rasanya juga agak kurang. Disamping itu, beberapa kamus online malah tidak memberikan hasil yang memuaskan jika kita tidak memasukkan kata dasar. Makanya, gw pake kamus Inggris-Inggris juga. Jadi, setelah ketemu kata yang dicari di kamus Ind-Ingg, diliat lagi deskripsi, kelas kata, contoh dan thesaurusnya di kamus Ingg-Ingg. Tujuannya memverifikasi definisi, memperkaya tulisan dan menambah perbendaharaan kata.

Beberapa kamus online Indonesia-Inggris yang menjadi favorit saya adalah (diurutkan dari yang sering dipake):

  1. google translate: Fitur minimalis ala google, dengan hasil masih minimalis juga, tapi bisa mengalihbahasakan ke lebih dari 10 bahasa asing yang lain.
  2. sederet.com: Kamus lokal ini sudah mempunyai plugin di FireFox. Saya puas dengan kinerjanya jika dibandingkan google translate.
  3. kamus.itb.ac.id
  4. kamus.ugm.ac.id :
  5. kamus-online.com : Konon, kalau Anda adalah anggota (bayar Rp25000), Anda akan melihat lebih banyak hasil!🙂
  6. kamus.net : Kosakatanya perlu ditambah lebih banyak lagi.

Sedangkan kamus online Inggris-Inggris yang menjadi favorit saya adalah:

  1. The Free Dictionary: ini kamus super lengkap dengan thesaurus, definisi, kelas kata dan contoh kalimatnya dalam satu halaman. Penjelasan dari setiap entri diberikan dari American Heritage Dictionary dan Harper Collins. Search plugin telah tersedia di FireFox.
  2. Merriam Webster: kamusnya juga bagus. Hanya saja pencarian thesaurus dipisah. Mendukung bahasa medis dan search plugin tersedia di FireFox.
  3. Cambridge Dictionary: Hasil yang diberikan tergantung dari referensi apa yang digunakan. Advance Learner’s akan memberikan hasil yang bervariasi daripada Learner’s. Belum ada pluginnya di firefox. Thesaurusnya entah dimana…
  4. Ask Oxford: Ini situs yang juga bagus dan lengkap, walaupun sering membingungkan saya juga. Kalo mencari suatu kata, pastikan anda mencari di bagian di dictionary. Jika mencari di “entire oxford site” untuk kata “concern” saja, memberikan 57 hasil termasuk diantaranya artikel sastra, pembelajaran bahasa asing dan lain-lain. Mungkin cocok buat mahasiswa sastra inggris, bukan engineer kayak saya.🙂