Tags

, , ,


Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Dunia 2022. Wih, hebat bener judulnya. Sempat tak percaya waktu baca running text di Global TV tadi pagi. Walaupun memang segalanya tidak ada yang tidak mungkin. Salah satu syaratnya adalah Kandidat tuan rumah harus memiliki sekurang-kurangnya 12 stadion dengan kapasitas penonton masing-masing 40.000 orang. Kemudian syarat lainnya adalah satu stadion wajib berkapasitas minimal 80 penonton untuk pembukaan dan final. Stadion Gelora Bung Karno telah memenuhi syarat tersebut. Tekat PSSI yang tidak nekat ini telah didukung oleh Pemerintah. Adhyaksa Dault yakin bahwa stadion bakal siap pada waktunya. Mengutip pernyataannya, Indonesia telah berpengalaman mengadakan event2 internasional. Sehingga, Indonesia harus percaya diri bisa menyelenggarakan event dunia yang bakalan ditonton milyaran mata dunia. Harga diri Indonesia bisa melambung tinggi jika nanti terpilih dan sukses menyelenggarakannya.

Mari kita lihat statistik. 17 kali Piala Dunia diselenggarakan sejak tahun 1930. 9 kali Piala Dunia diselenggarakan sejak Piala Jules Rimet disimpan oleh Brazil. 9 tuan rumah adalah langganan putaran final Piala Dunia. Bahkan Korea dan Jepang punya tradisi lolos ke putaran final walaupun sering gagal di babak I. Di era 80-an, Indonesia adalah salah satu tim kuat asia. Raja Asia Tenggara. Prestasinya di era Milenium, tidak tambah mengkilap. Di SEA Games sudah ga pernah dapat emas di cabang Sepak Bola. Juga di ajang Piala Tiger. Memang tim nasional kita bermain bagus. Hanya saja, tolok ukur prestasi adalah juara. Ke depannya sih, saya harapkan timnas kita bisa lebih berbicara di level Asia.

Saya yakin kita bisa mengejar infrastruktur. Kita mampu membuat Borobudur kok. Hanya saja, saya kurang yakin jika prestasi timnas kita dimasukkan dalam penilaian. Ini saatnya, timnas kita mengejar ketertinggalan. Ayo, pasti bisa!!

Moga-moga, “dosa” yang satu ini, ini dan ini sudah dilupakan oleh tim penilai.