Tags

, , ,


Dulu, gw selalu heran kenapa para developer software/hardware membuat nama aneh2 (kemudian gw tau itu adalah codename) untuk setiap rilis software tertentu. Contohnya, Linux Distro Ubuntu saat ini mengembangkan release Jaunty Jankalope.

Ada 3 alasan yang gw sadur dari sini dan ceritakan ulang dengan bahasa saya sendiri :

1. Biar gampang dikenali dan diingat.
Kalo lagi ngobrol ama teman, lebih mudah mengatakan dan mengingat Linux Mint Versi 5 ato Mint Daryna? Si developer sendiri juga merasa lebih keren dengan mengumbar codenamenya sebelum rilis resmi.

2. Karena belum ketauan versi berapa.
Ketika program itu di-develop, marketing tim membutuhkan sebuah identitas yang membedakan dari rilis sebelumnya untuk kepentingan promosi dan press release. Sedangkan, tim pengembang taunya hanya membuat rilis terbaru yang lebih canggih dan bagus dari sebelumnya. Tidak diketahui apakah perubahan itu major ato minor. Ketika rilis resmi, baru ketauan bahwa rilis tersebut versi 2.1 ato versi 3.0.

3. Karena nama itu penting.
Developer besar seperti Microsoft banyak mengembangkan aplikasi dengan peruntukan yang berbeda. Misalnya aplikasi inti, ato cuma plugin software. Contohnya Microsoft yang mengembangkan desktop effect dengan codename Aero yang akhirnya ditambahkan dalam Windows Vista. Apakah plugin Aero tidak lebih penting dari aplikasi utamanya? Makanya diciptakan codename yang ber-aura keren dan canggih.

Membuat codename

Codename ato nama sandi tentunya dibuat dengan tidak mudah. Namun begitu, beberapa manufaktur hardware dan pengembang software di bawah ini punya pedomannya.

Linux Ubuntu mempunyai aturan Adjective – Animal dan huruf depannya harus sama. Contoh: Feisty Fawn, Gutsy Gibbon ato yang sedang dikembangkan sekarang, Jaunty Jackalope. Beberapa rekan di milis ubuntu Indonesia lebih suka menyebutkan code name daripada versinya.

Firefox menggunakan beberapa nama tempat di New Zealand. Three Kings, Royal Oak, One Tree Hill, Mission Bay, and Greenlane adalah daerah sekitar Auckland. Nama2 itu diciptakan oleh Ben Goodger, yang besar di Auckland.

Intel Processor menamakan projeknya dengan nama kota, sungai ato gunung yang dekat dengan tempat projek itu dikembangkan, seperti Presscot (Intel Processor IV) adalah nama kota di Oregon tempat dimana banyak projek Intel dikembangkan. Lengkapnya liat disini.

Linux Mint demen banget dengan wanita, Barbara, Bianca, Daryna, Elyssa, dan Felicia. Entah kenapa…

Anggota keluarga Felidae sangat disukai oleh Mac OS, contohnya: Cheetah, Puma, Leopard.

Microsoft tidak punya pedoman dalam menamakan produknya. Suatu waktu menggunakan dengan nama kota, contohnya Memphis (Windows 98), Vienna (Windows 7). Contoh lainnya adalah legenda mitos seperti: Hydra, Janus, Apollo. Seorang blogger pengamat teknologi pernah menyarankan Microsoft untuk benar2 berpikir nama produknya yang akan digunakan dalam jangka panjang daripada menciptakan nama sandi yang cuma sesaat tenar. Gw yakin ga ada yang tau bahwa Whistler adalah codename dari Windows XP. Padahal XP adalah produk yang banyak dipakai.