Tags

, , , , , ,


Setiap smartphone yang kita beli pasti menyertakan phone manager ato lazim disebut PC Suite. Ketika gw membeli HP ini, PC Suite originalnya cuma bisa jalan di platform Windows. Wah, ora cocok blas karena laptopnya cuma mau pake Ubuntu. Ternyata ada program serupa di ubuntu. Instalasinya mudah aja kok. Ga perlu pake fancy coding dengan terminal. Cukup pake Package Manager (Gnome) ato Adept Installer (KDE). Ketik di search bar, “WAMMU” (tanpa tanda kutip). Klik nama package itu kemudian centang “Install this package”. Lihat screenshot#2.

Setelah selesai, kita lanjut ke langkah setup dengan HP.

  1. Siapkan HP anda dengan USB kabelnya. Sambungkan USB Cable itu ke HP dan PC anda. Jika ada pilihan USB modes, pilih aja Phone mode.
  2. Pilih menu, Wammu di pojok kanan atas kemudian pilih menu “Phone Wizard”. Screenshot#04.
  3. Anda akan disambut Welcome Note seperti di screenshot#05. Klik next.
  4. Pilih item “Guided Configuration” seperti di screenshot#06. Klik Next.
  5. Pilih item “USB Cable” seperti di screenshot#14. Klik Next.
  6. Pilih item “Sony Ericsson Phone”, liat di screenshot#07. Klik Next. Jika HP anda bukan Sony Ericsson, tinggal disesuaikan saja.
  7. Pilih driver to use sebagai “AT based” seperti di screenshot#08. Klik Next.
  8. Karena ga ada pilihan lain, ngikut aja dengan item “Generic AT over serial line or it’s emulation” seperti di screenshot#09. Kemudian klik Next.
  9. Kemudian pilih port tempat HP itu tersambung “/dev/ttyACM0” ato “/dev/ttyACM1” seperti di screenshot#10. HP saya berada di port “/dev/ttyACM0”.

Setelah semua langkah diatas sudah dilakukan. Coba sinkronisasi PC dengan HP anda.

  1. Klik menu “Phone” kemudian “Connect”. Liat screenshot#11.
  2. Setelah tersambung (yang ditandai dengan status HP anda di status bar di bawah), anda bisa mulai mengsinkronisasi pesan masuk ato keluar, address book ato daftar kontak, dan lain-lain. Bisa anda lihat di menu, Retrieve. Liat screenshot#13.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah:

  1. Pada tahapan set-up HP, pastikan HP benar2 terhubung dengan kabel dan PC. Saya sempat menyambung HP pada tengah2 sesi, akibatnya adalah program tidak bisa mendeteksi port HP itu berada.
  2. USB mode dalam HP tersebut ada 4 macam, Phone Mode, Media Transfer, Print dan Mass Mode. Sejauh ini, tahapan instalasi baru berhasil jika HP dalam kondisi Phone Mode. Saya sudah mencoba Media transfer mode, dan tahapan instalasi tidak mendeteksi port.
  3. Pada “Configuration Style”, pilihan “Automatically search for a phone” meskipun terlihat lebih mudah, malah gagal mendeteksi HP.
  4. Jika sudah tersinkronisasi dengan PC, maka apapun yang ada dalam Wammu adalah isi HP anda. Saya terkecoh karena mengira data tersebut dicopy ke HDD. Saat menghapus SMS di Wammu ternyata SMS di HP juga terhapus.

Tutorial diatas menggunakan Wammu 0.27, SE K660i, Intrepid Ibex dan Compaq Presario V3628TU. Wammu dikembangkan oleh Michal Cihar. Detail informasi dan donasi bisa disalurkan di http://wammu.eu.