Tags

, ,


Pesan utamanya jauuuhhh di bawah, setelah melewati sederatan alamat email orang2 yang mem-forward. Mungkin ada 10 kali lebih email ini didistribusikan.

HI I AM A 29 YEAR OLD FATHER. ME AND MY WIFE HAVE HAD A WONDERFUL LIFE TOGETHER. GOD BLESSED US WITH A CHILD TOO. OUR DAUGHTERS NAME IS RACHEL, AND SHE IS 10 YEARS OLD. NOT LONG AGO DID THE DOCTORS DETECT BRAIN CANCER IN HER LITTLE BODY. THERE IS ONLY ONE WAY TO SAVE HER. AN OPERATION, SADLY, WE DONT HAVE ENOUGH MONEY TO PAY THE PRICE. AOL AND ZDNET HAVE AGREED TO HELP US. THE ONLY WAY THEY CAN HELP US IS THIS WAY, I SEND THIS EMAIL TO YOU AND YOU SEND IT TO OTHER PEOPLE AOL WILL TRACK THIS EMAIL AND COUNT HOW MANY PEOPLE GET IT. EVERY PERSON THAT OPENS THIS EMAIL AND SENDS IT TO AT LEAST 3 PEOPLE WILL GIVE US 32 CENTS. PLEASE HELP US.
GEORGE ARLINGTON

Diatas original message ini, ditulis pula terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Tak lupa, foto Rachel yang menimbulkan belas kasihan di taruh dalam attachment. Duh, sesak dada ini. Teknologi kedokteran sudah demikian canggih, masih ada juga yang menderita. Sudah demikian tidak pedulinya masyarakat, sehingga si bapak ini juga harus “ngemis” secara online memohon bantuan. Tergerak hati saya untuk meneruskan pesan ini pada orang2 di address book saya, supaya Mr. Arlington ini mendapat 32 cent dari AOL dan ZDNet. Tapi tunggu dulu…

Ketika mencermati address book, saya ngeliat ga ada satu pun teman2 saya yang berdomain AOL.com. Hampir semuanya berdomain yahoo dan gmail dengan beberapa berdomain self-hosting. Pikiran iseng saya mengatakan, “Apakah Yahoo dan Gmail bersedia berbagi data pada AOL yang mana adalah pesaingnya walaupun demi misi kemanusiaan?”. Masih terbengong2 dengan pikiran iseng itu, satu email dengan subject yang sama kembali masuk. Kali ini dari teman sesama milis. Duh, tambah penuh mailbox ku. Semua orang terdorong menolong si Rachel dengan cara mudah dan “hampir gratis”. Just Forward and let AOL & ZDNET do the rest. Pertanyaannya, mungkinkah begitu?

  • Jika anda mengirim ke 3 orang maka Mr.Arlington mendapat $ 32cent (Jika $1 sama dengan Rp.11000, maka Rp 3520). Anggap aja dalam 10 menit (asumsi: sirkulasi email dari pengirim ke penerima, dibaca kemudian direspon) kemudian, 3 orang tersebut mengirim ke masing2 3 orang lagi. Jika dianggap sirkulasi aktifnya selama 8 jam kerja, maka dalam 480 menit (8 jam * 60 menit), email tersebut telah digandakan menjadi 3 pangkat 48 = 7.98 E+22. Bah, lebih dari satu juta dolar, cuma dalam satu hari. Gampang banget cari duit.
  • Sejauh ini, email tracking masih diragukan. Snopes.com mengatakan email tracking masih sulit dilakukan. Jadi jangan harap Mr. Arlington akan mendapat setiap 32 centnya jika pelacak email sendiri juga susah dilakukan.
  • Memancing Internet crime. Sadar ga kalo anda sebenarnya dimanfaatkan oleh para spammer? Para spammer suka banget dengan email berantai ini. Mereka akan menggunakannya untuk membangun distribution list untuk kemudian mengirim sampah2 elektroniknya.
  • Kapan peristiwa itu terjadi dan dimana Mr. Arlington tinggal? Tak ada dalam email diatas. Tidak terbersitkah dalam pikiran anda untuk mengetahui siapa Rachel dan keluarganya? Bilangan 32 cent pun tidak jelas kelaminnya. Apakah Dolar Amerika? Euro? Rupiah? Ato Peso? Ato cuma 32 cent?
  • Breakthechain.org memberikan informasi mengenai kisah email Rachel Arlington ini. Ternyata email ini beredar pertama kali di tahun 2001. You do the math…

Jangan merasa bersalah jika anda tidak memforward email tersebut karena itu email omong kosong yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Tolong aja tetangga anda ato anak2 Indonesia yang menderita dengan karya nyata yang kita bisa. Bukan memforward email ga jelas dan bikin sengsara inbox orang lain.