Tags

, , , ,


Informasi dari Applecorp

Pelanggan yang terhormat,
Kami beritahukan kepada seluruh pelanggan bahwa perusahaan kami, Apple Corporation yang berkantor pusat di Cupertino, California US membuka kantor pemasaran di Jakarta, Indonesia
Produk yang kami pasarkan adalah Hand Phone tipe iPhone3G yang dilengkapi dengan teknologi GPS, Wi-Fi, bluetooth, video-audio, camera-photo, 16GB flash drive capacity, dll.
Details produk kami silakan kunjungi: http://www.apple.com/iphone/specs.html
Untuk peluncuran perdana di Indonesia, kami akan memberikan secara gratis produk terbaru HP iPhone3G yang dilengkapi features seperti diatas.
Dengan memberikan iPhone3G ini, kami berharap akan mendapatkan umpan balik yang berharga dari para pelanggan dan mendapatkan efek promosi berantai yang besar.
Yang harus anda lakukan adalah:

– Fowardkan pesan ini kepada 20 orang teman. Setelah 2 minggu waktu pengiriman, anda akan menerima sebuah iPhone3G. Sebelumnya kami akan mengontak anda untuk alamat detail pengiriman, atau
– Forwardkan pesan ini kepada 40 orang, anda akan menerima 2 produk: 1 bh iPhone3G + 1 bh iPod classic berkapasitas 120GB. Detail produk iPod classic kunjungi: http://www.apple.com/ipodclassic/
Harap dikirimkan sebuah copy / Cc email kepada:jkt.applecorp@asia.com agar kami mengetahui bahwa anda telah memforward pesan ini.

Hormat kami,
Julia Christvanie
Regional Sales Manager
Apple Corporation – Jakarta Office
Sudirman Square Office Tower, Tower B Lt. 23
JI. Jend Sudirman Kav. 45-46 Jakarta Selatan 12930
Email: jkt.applecorp@asia.com

Pagi-pagi, lagi enak2nya blogwalking eh…ada email nongol. Namanya tidak saya kenal, subjectnya: “Kabar Gembira…”. Weh…ono opo iki? Setelah dibuka, eh…surat berantai. Gw harus scroll sampe ke bawah dulu (duh…gw pake touchpad liar pula. Pengen scroll jadi klik, dan sebaliknya) baru ketemu berita gembiranya. Isinya ya yang saya copas diatas itu.

Another hoax in my inbox. Gw cuma bilang, “There’s no such thing like free lunch”. Gw ngerti kalo si pengirim pengen coba2 berhadiah (sapa tau dapat) dan berbagi kebahagiaan dengan gw. Hehehe…untung, ini jenis hoax yang ga bikin orang jantungan dan cemas. Ga bikin gregetan. Thanks for dropping email, friend.

Kenapa hoax:
1. Gimana cara memantau dan menghitung seberapa banyak email itu dikirim? Nothing.
2. Ini message digital. Mudah di-copy-paste, dan di-forward. Dalam sekian detik, sekian ribu orang bisa menerima sekaligus mengirim pesan yang sama ke ribuan orang yang lain. Apakah fabrikator/Manufacture/Seller/Reseller ato perusahaan yang disebut diatas punya persediaan sebanyak itu? I dont think so. Mereka ga punya mekanisme kontrol untuk mendeteksi itu.
3. Gratisan? No way. Ini bukan charity. Jika mereka memberi barang, apa yang bisa anda berikan untuk mereka? Promosi? Tanpa anda memforward email pun, mereka cukup mampu berpromosi di media apa pun.
4. Domain Apple produsen iPhone adalah apple.com. Loh…kok setiap message di-CC ke domain asia.com?
5. Kalo saja si Manager ini punya telephone, langsung gw telpon untuk memastikan kebenaran beritanya. Sayangnya ga ada… tambah aneh emailnya.

Modus yang sama juga pernah dipraktekkan dalam kasus2 lain. Tercatat diantarany Microsoft, Ericsson, Nokia dan IBM pernah dipake oleh para Hoaxster. Mereka juga mengeluarkan statement resmi yang menyangkal hoax2 tersebut. Sampe posting ini di-upload, belum ada pernyataan resmi dari pihak Apple.