Tags


Definisi Hoax (menurut Oxford Dictionary):
noun) a humorous or malicious deception. (suatu muslihat humor ato jahat)
verb) deceive with a hoax. (melakukan hoax)

Jadi kira-kira Hoax ato berita bohong itu diniatkan untuk humor/joke ato menjahati orang lain. Medianya banyak sekali. Bisa lewat email, messenger, friendster bulletin, dan yang lagi popular di Indonesia adalah sms. Topik Hoax bisa bermacam-macam, dari isu Virus Komputer, Kesehatan, Berita Kemanusiaan, Pin ATM, teknologi seluler hingga soal santet. Hoax menjadi popular dengan memanfaatkan iktikad baik pembacanya, dengan ciri…”please forward ke rekan-rekan ato keluarga dan bla..bla…bla..”

Ciri-ciri hoax:

  • Sumber aslinya ga jelas.
  • Didistribusikan di media mailing list, ato email berantai.
  • Berisi pesan yang membuat cemas para pembacanya. Walaupun ga selalu begitu. Ada juga yang memang cuma sekedar humor untuk april mop.
  • Ada himbauan untuk memforward email tersebut ke teman, keluarga, sodara ato teman2 yang kita sayangi. Sehingga mencapai forum yang lebih luas dalam waktu singkat. Dan dalam waktu singkat itu pula, kepanikan terjadi.

Cara Bikin Hoax

  1. Mirip dengan membuat sebuah posting blog, maka awali dengan tema dan judul. Anggap aja tema kali ini, Santet.
  2. Bikin masalah dan ramu kalimat supaya mengerikan. Kalau ada nomor HP yang 0866 atau 0666 masuk berwarna merah, mohon jangan diangkat, karena ada virus kematian.Karena nomor itu adalah nomor orang yang sedang mencoba ilmu hitam.
  3. Kalo perlu ditambah dengan bukti ilmiah sehingga menguatkan hoax tersebut. Bisa dari berita TV, mencatut rilis resmi organisasi medis, lembaga pemerintah ato organisasi dunia yang terpercaya dan mengutip pendapat pakar. Sebagai buktinya 7 orang telah meninggal di Jakarta setelah mengangkat panggilan dari nomor tersebut. WHO menyatakan radiasi infra merah yang sengaja dipancarkan secara berlebihan ke HP no yg dituju yg memang benar dapat menyebabkan penerima tewas beberapa saat setelah mendengar telp.
  4. Tambahin solusinya untuk menunjukkan anda perhatian dengan penerima. Sama sekali jangan memencet tombol apa pun karena telah memakan korban yang tewas karena hangus terkena radiasi.
  5. Jangan lupa kasih tanda tangan kalo itu hoax, (sehingga gw mudah mendeteksi)Harap dimengerti dan kirim ke teman atau saudara semua. Harap saling membantu sesama umat manusia..

Lengkapnya jadi gini nih.
Kalau ada nomor HP yang 0866 atau 0666 masuk berwarna merah, mohon jangan diangkat, karena ada virus kematian. Karena nomor itu adalah nomor orang yang sedang mencoba ilmu hitam. Sebagai buktinya 7 orang telah meninggal di Jakarta setelah mengangkat panggilan dari nomor tersebut. WHO menyatakan radiasi infra merah yang sengaja dipancarkan secara berlebihan ke HP no yg dituju yg memang benar dapat menyebabkan penerima tewas beberapa saat setelah mendengar telp. Sama sekali jangan memencet tombol apa pun karena telah memakan korban yang tewas karena hangus terkena radiasi. Harap dimengerti dan kirim ke teman atau saudara semua. Harap saling membantu sesama umat manusia.

Bikinnya gampang, dan cukup meyakinkan bukan? Yang susah itu, meyakinkan orang lain kalo itu hoax.

Gimana cara meyakinkan suatu berita tergolong hoax ato bukan

  1. Selalu gunakan logika anda.Perhatikan ciri2nya.
  2. Suatu hoax, biasanya mempunyai keempat unsur diatas.
  3. Tahan dulu sebelum mem-forward suatu email. Ada baiknya anda mencari referensi di internet, bertanya pada ahlinya ato memverifikasi sendiri jika mampu.
  4. Anda bisa cek di beberapa situs berikut ini ato gunakan google dengan keyword yang dimaksud.:

Si pembuat Hoax tidak mendapatkan keuntungan apapun dari kepopuleran berita bohongnya. Seperti halnya kasus SMS maut, Si ABG cuma pengen iseng saja. Ga ingin merugikan siapapun dan berniat guyon terhadap teman2nya. Di sisi lain, malah merugikan pihak lain (dalam hal ini operator seluler yang memiliki prefix 0866). Dampak lainnya adalah kecemasan masyarakat. Di saat ekonomi menjelang resesi, dan tingkat stress yang tinggi, menerima berita adanya SMS santet dari nomer setan malah membuat keringat dingin pembacanya. Internet dan mailbox semua orang juga sibuk dengan berita-berita yang tidak bertanggung jawab. Intinya Hoax adalah sampah. Dan layaknya sampah, Hoax harusnya dibuang, dikubur, jangan malah disebarkan. Bau Bangkai tauk…

Sebarkan posting ini untuk kebaikan bersama (halah…)

Sumber:

Advertisements