Tags

,


Ini sebenarnya rahasia umum. Mirip kentut lah. Sesuatu yang tabu untuk diomongin, tapi semuanya uda tau sama tau. Semuanya saling menjaga rahasia itu tetap menjadi rahasia dan gimana caranya rahasia itu ga terbongkar.

“Lu ngomongin apa sih, cak?”
“…..mmmmm…..”
“Rahasia umum pulak? Apa sih? Mas Slamet Kastari kabur dari penjara singapura?
“……mmmmmm…..”
“Am..em..am…em mulu’. LU NYURI BANDWITH KANTOR KAYAK GW KAN?”
“….*GUBRAK*….”

Begitulah percakapan gw dan teman gw. Kita sama2 “numpang” bandwith kantor untuk melakukan aktivitas non-job kita. Dan masih rekan lain yang ikutan numpang. Aktivitas Non-job itu apa aja sih? Berdasarkan frekuensi gw,

  • Chatting
  • Update berita terbaru di detik.com
  • Browsing hal-hal ga jelas (alias Kaskus)
  • Donlot Vidclip di stage6.com (sekarang uda almarhum)
  • Donlot Mp3 dan E-book (pdf) di rapidshare.com
  • Blogging

Rekan-rekan lain pun punya aktivitas yang ga gw sebut di atas. Tapi gw berani bilang, 5 aktivitas diatas adalah aktivitas umum.

Dulu yang menikmati hanya beberapa orang saja. Bisa di-itung pake jari lah. Lama-lama eksklusivitasnya menurun seiring dengan berjalannya waktu. Dulu masih pake opera versi 7 sekian. Lumayan berat dan ga bs di-instal plugin. Beberapa situs bahkan tampilannya jadi kacau. Tapi lumayan lah, buat hiburan.

Sebenarnya kita ga dapat fasilitas akses internet. Ga jelas alasannya. Ada yang bilang karena kami sebenarnya ga perlu fasilitas tersebut untuk menunjang pekerjaan. Tanpa itu pun, kami tetap bisa bekerja (Betul !). Ada yang bilang karena trauma perusahaan di masa lalu. Beberapa engineer berlangganan content porno. Pas dia cuti, content ini ngendon di server yang akibatnya mengganggu performa server (Ceritanya bener, tapi alasannya yang diragukan). Kemudian, ada yang bilang para engineer ini ga perlu internet untuk mencegah dia apply ke perusahaan lain (Ha..ha..Ngaco). Ada juga yang bilang engineer itu cukup kerja aja, ga usah have fun pake internet (Rada lumayan bener). Sapa yang mendapat fasilitas ini? Paling tidak levelnya adalah supervisor dan engineer yang diberikan fasilitas itu oleh supervisornya. Caranya cukup ngisi IT request form. Tinggal centang aja, akses internet. Dia bisa memakai IE untuk browsing. Sedangkan yang ilegal adalah tidak pernah ngisi IT request form dan tidak bisa memakai IE untuk browsing, tapi dia bisa meng-akses internet dengan menggunakan browser lain. Ato untuk kasus saya (dan 2 orang teman satu departemen), tiba2 dapat akses IE, tapi kita ga pernah sama sekali mengisi IT form Request.

Entah sapa yang menemukan bug ini. Ga pernah ada yang tau. Namanya juga rahasia, sang originator pun ga ketauan jati dirinya. Pihak kantor hanya memblok akses IE. Tapi tidak untuk browser lain. Instalasi software pun di-lock, sehingga ga mungkin kita membawa software dari luar untuk di-instal di sini. Browser Opera itu cuma di-copy paste dari komputer satu ke komputer lain, Utak-atik di network setting. Isi proxy server pake punya kantor plus portnya sekalian. Uda deh…nyambung. Gw coba-coba pake Mozilla Firefox, dengan setting yang sama, nyambung. Teman gw pake Avant, nyambung juga. Kelebihan FF alias Kate Mozz alias Momoz (ini code namenya di dept. gw) adalah customizable. Tinggal tambahin plugin adobe flash player, Youtube pun streaming dengan baik ga pake lambat. !! Pengen tau kecepatannya? Nih lihat dibawah (hasil tes hari sabtu, 1 maret 2008 jam 1500):

Sebenarnya gw nyadar ini sudah menyalahi peraturan kantor yang bisa mengakibatkan gw di-PHK !! Sudah beberapa kali gossip (dari mulut ke mulut, alias ga ada bukti resmiya) beredar akan ada pembersihan. Tapi ga pernah terbukti. Kita cuma tiarap aja selama2-3 hari. Tiba-tiba datanglah teguran dari IT (via email), bahwa mereka sudah mengantongi pemegang izin pengguna internet secara legal. Berarti yang pake intenet tapi ga masuk daftar, ya…….mbuh lah !! Beberapa teman gw langsung men-delete dan uninstall beberapa browser punya mereka. Tapi menurut gw, itu adalah hal yang sia2 belaka. Bos IT uda mengantongi listnya kok. Tersangka uda didaftar, barang buktinya (mungkin) uda ada. Gimana cara mereka membuktikan hal ini? Gw masih cari tau secara ilmiah. Gw hanya pengen tau aja. Bukan pengen jadi maling terus2an. Capek kayak gini terus. Kalo pas donlot ber-Giga2 dan tau2 ada telpon bunyi, gw uda deg2an aja. Bener2 takut ketauan. Hi…..

Uda deh, segitu aja. gw publish ini karena gw harus menjelaskan kepada beberapa orang kenapa gw ga akan online lagi. Gw berpikir ini harus disudahi. Dan waktunya tepat. Gw tetap online, tetap ngeblogging dan tetap mau ngobrol ama kalian. But, It’s not during working hour, guys. Gw pake dial-up di rumah. Sayangnya, di saat gw online, kalian ga ada yang online. Hehehehehe….

Keep sending email / message to me, Stay tune to my blog. Thanks for Your Understanding, guys. You are my best friends !!

(Sending from 4th floor using Mozilla and Windows XP)

Advertisements