Tags

, ,


Es Teh. Setau gw ini minuman paling populer waktu masih sekolah di Malang ato di Surabaya. Di warung2 sekitar kos2an, kantin di kampus sampe restoran di hotel berbintang. Rasanya manis dan dingin. Kalo uda kelamaan, esnya mencair dan rasanya jadi tawar. Cara bikinnya pun mudah, cukup pake teh seduh ato teh celup, air matang ¾ gelas, gula secukupnya ditambah Es. Maknyos !! Jadilah Es Teh. Nama jalanannya Es Teh, kalo di Resto berbintang jadi Ice Tea. Berubah jadi Lemon Tea kalo ditambah perasan jeruk.Setelah pindah ke Batam, repot juga nyari minuman ini. Ga ada yang jual!! LOH?? Ternyata uda ganti nama jadi Teh Obeng. Gw rada ngeri bayanginnya, apanya yang dicampur dengan obeng (screwdriver). Jadi sempat mikir, apakah diaduk pake obeng? Ato gimana ya… Yang jelas, setelah diamati lebih lanjut ternyata obeng ga dipake sama sekali dalam proses pembuatannya.

Di Medan namanya berubah jadi Teh Manis Dingin. Di warung2 cukup bilang “Mandi”, abang yang jual juga uda tau. Ada teman bilang, kalo di sebagian Sumatra namanya adalah Teh Es. Di Aceh disebut Teh Dingin. Di Padang, disebut Te Es (H-nya ngumpet), kalo Teh Manis disebut Te Manih. Gw pikir kalo di jawa, namanya Es Teh itu sama aja. Ternyata beda. Kalo bilang Es Teh di daerah Jawa barat dan Jakarta, pasti dikasih Teh+Es+Tanpa Gula !! Kalo mau dapat Es Teh ala Jawa Timur tadi, bilangnya Es Teh Manis. Di Thailand dipanggil Naam Cha (air teh), kalo pake es dibilang Cha Dam Yen. Kalo di Jerman, Eis Tee (baca:ais te).

Persamaan kimianya kayak gini

Es Teh => H2O C7H14N2O3 pake es.
Ditambanh gula => C12H22O11
Berarti kalo mau manis+dingin => H2O C7H14N2O3 C12H22O11 pake es.

Teh Obeng itu ternyata berasal dari bahasa Hokkien. Yang bener tulisannya Teh O-Peng (baca: Beng). Peng artinya Es. Ada yang bilang Teh Pai Ling. Sementara Teh O itu artinya Teh Tawar Hangat ato Teh Kosong. Kalo mau es teh pake susu cukup bilang Teh Peng. Istilah ini biasanya dipake di Singapore dan Malaysia. Berhubung mayoritas orang Batam pake Hokkien juga, makanya namanya familiar di Batam juga.

Begitulah kira-kira hasil tanya2 sana-sini.