Tags

, , , , , ,


Entah dengan alasan kenapa developer FB memutuskan untuk merubah tampilan Home view beberapa hari yang lalu. Sekarang ada 2 tab ada disana. Live Feed dan News Feed.

News Feed aggregates the most interesting content that your friends are posting, while Live Feed shows you all the actions your friends are making in real-time. (facebook help)

Live feed sendiri seperti informasi tentang aktivitas apapun teman2 kita di FB. Diterjemahkan “kabar terkini” dalam bahasa Indonesia. Tidak sekedar ganti status. Bisa jadi si teman baru saja menjalin pertemanan dengan yang lain, baru saja meng-upload foto, baru saja di-tagged di foto teman lain. Kalo boleh gw simpulkan tampilan ini mengcopy “recent activity” teman2 kita, yang biasanya ada di profil, ke Live feed di home tab punya kita. Makanya kadang dalam 5 menit saja, bilangan updatenya bisa sampe ratusan. Terutama jika teman2 anda tergolong aktif dan memang berjumlah banyak.

Sedangkan News Feed seperti trending topics di twitter. Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi “Kabar Berita. Ini adalah kumpulan thread terpopuler (sebut saja begitu) dari teman2 anda. Bisa jadi status, foto, notes ato lainnya. Gw sendiri kurang tau gimana cara menilainya sehingga thread itu dinilai layak masuk News Feed ato layak jadi berita. Top thread di News feed gw sendiri adalah foto yang diupload 7 hari yang lalu dan sampe hari ini dikomentarin. Gw sendiri ga pernah bisa masuk News feed gw sendiri karena ga pernah dapat komentar. Sementara di Live Feed, owh…hidup terlalu kejam, statusku tidak pernah bertahan lebih dari 1 menit di sana akibat tertimpa aksi2 attractive facebookers lain dalam menjalin teman, meng-upload foto, update status, dan main game.

Jika dalam tampilan awal tentu saja foto itu akan cepat tenggelam, kecuali anda ikut di-tagged di foto itu yang mana akan mendapat update terus. Ada baiknya tampilan baru ini jadi menyelamatkan thread2 bagus yang akan banyak mengundang atensi dari rekan lain. Sedangkan Live feed, harus ditambahkan suatu filter sehingga berita2 ga penting itu bisa dieliminir. Contohnya, update bahwa si A baru saja menjalin pertemanan dengan B. Buat gw, entah dengan anda, ini cuma noise yang mengganggu ketertarikan gw pada status teman2 gw. Dan fb-pun gw tinggalin untuk sementara, karena tak ingin terganggu Live Feed, dan juga tidak tertarik pada trending topics News Feed yang kadaluarsa.

Sebuah group “WE WANT THE OLD FACEBOOK BACK! – Facebook Live Feed Sucks!” pun dibuat oleh orang2 yang merasa terganggu dengan tampilan ini. Maksudnya memberikan tekanan pada developer facebook untuk merubahnya. Mungkin bisa berhasil, walaupun gw lebih yakin enggak. Kita juga yang kalah ama FB karena uda kecanduan dan belum ada social network yang sepopuler FB sekarang.

Seorang member menyarankan untuk merubah dari News Feed ke Status Updates saja. Itu sudah mendekati tampilan awal sebelumnya. Karena jika ada teman yang meng-upload foto, anda tidak akan melihatnya di situ. Karena yang di-update cuma status saja, bukan foto, games ato application lain. Masuk ke “home” ato “beranda” (jika anda menggunakan FB bahasa Indonesia). Caranya, anda liat pojok kiri atas. Klik “More” (eh, apa ya bahasa Indonesianya? “Lainnya” ya), klik itu. Anda cari status updates (Status terbaru), taruh paling atas sendiri. Kalo sudah, klik. Taraaaa… anda dapat tampilan awalnya.

About these ads