Tags

, , ,


Ngelanjut dari tulisan yang pertama. Karena lagi seneng2nya ngetik. Google pun bisa dipake sebagai alat bantuan untuk menemukan nama2 yang cocok buat si jabang bayi. Coba keyword berikut ini (tanpa tanda kutip), “Nama bayi”, “Nama anak”, “Babies name” ato coba keyword yang spesifik seperti, “Nama muslim”, “Bayi muslim”, “Moslem names”.

Saya sendiri sempat ketemu salah satu situs indonesia tentang nama2 bayi. Kalo anda bercita rasa lokal, kayaknya ini cocok buat anda. nama-bayi.net. Disitu dijabarkan cara memberi nama yang baik, berikut sederet list nama berikut maknanya yang dikategorikan menurut agama, bintang ato daerah. Nikmati juga artikel2 menariknya tentang pengaruh nama, trend nama bayi ato legalitas nama. Jika anda seorang muslim, ada beberapa situs yang bisa saya sarankan. names4muslims.com. Ini khusus nama2 muslim beserta artinya. Kalo ga yakin terjemahannya dalam bahasa Indonesia, pake google translate aja, ya. Banyak banget usulan nama2nya. Bingung? Coba klik, random names. Dia akan memberi anda 25 nama bayi secara acak.

Situs western yang bagus adalah, babynamenetwork.com. Yang ini sajiannya dari seluruh penjuru dunia. Unik2 juga loh. Ada dari latin, spanyol, india dan lain-lain. Saya sendiri menikmati tersesat di sana-sini, sedang memilih nama untuk bayi perempuan kami. Sempat baca nama Jepang. Saya sempat mengamati bahwa nama-nama berakhiran -ko itu berarti anak dari (frase yang mendahuluinya). Contohnya, Machiko (Anak dari Machi), Rieko (Anak dari Rie) dan banyak lagi yang lain.

Coba pake nama sansekerta, yang menjadi induk bahasa jawa kuno. Biasanya di situs2 India nih. Coba ketikkan keyword, “sanskrit name”. Ato coba di situs yang sama, babynamenetwork.com. Ada nama, Ambar (Of the sky), Chandra (A shining moon), Devi (Godlike, a goddess), Lakshmi (A lucky omen. The Hindu goddess of beauty and wealth) ato Mahendra (The great God Indra-the God of the sky). Nah, beberapa yang saya comot diatas, masih punya rasa lokal kan?

BABY’S NAMED A BAD, BAD THING, memberikan wawasan tentang nama2 western yang buruk (tentu saja dari sisi penulisnya). Bagian paling kocak yang tentu saja yang pertama. Jangan sampai bayi anda sampean kasih nama seperti tokoh dalam novel Victor Hugo itu, d’Artagnan. Susah manggilnya, bukan.

Di toko-toko buku banyak juga dijual buku2 tentang nama anak. Teman saya dibelain, tiap hari kesana satu jam sehari untuk mencatat nama2 yang menurutnya cocok. Dia ga beli, alasannya “cuma sekali dua kali aja”. Mungkin bisa ditiru tipsnya.

Well, selamat berburu nama dan semoga beruntung.

About these ads