Tags


Seumur-umur saya hidup di Malang, belum pernah dengar yang namanya Desa Bahasa Inggris di Pare, Kediri. Saya justru tau dari FEC disaat saya uda ga sekolah lagi dan uda merantau ke luar jawa (OUCH..!!). Ini adalah informasi berharga. Orang lain pun blum tentu tau soal ini. Dari yang sedikit yang saya tau, mungkin ini blum pantas untuk dibagi. Tapi sedikit ato banyak kan tergantung yang membaca. Sapa tau dari yang sedikit ini, bisa bermanfaat buat yang lain. Yo wis lah….diposting wae.

GENERAL [From: ed_qvc@yahoo.com]Pare ini merupakan kota kecil di luar kota Kediri. Di jalan kira-kira sepanjang satu kilometer bertebaran tempat kursus bahasa Inggris mulai dari level dasar sampai advanced. Yang datang ke daerah ini mulai dari pelajar nyambi kursus, lulusan SMA yang ingin memperdalam bhs Inggris sebelum melanjutkan study ke perguruan tinggi, lulusan SMA yang ingin kerja, maupun orang-orang yang mendapat tugas study dari kantornya untuk memperdalan bhs Inggrisnya. Mereka berasal dari seluruh Indonesia. Tempat kursus nya tinggal pilih, mau gabung yang level grammar atau level adavanced. System belajarnya unik, misalnya ada permainan drama dlm bhs inggris, di tempat kost yang selalu berbahasa Inggris sampai warung nasi for english language only. Suasananya mendukung untuk berbahasa Inggris ria, yang malu-malu jadi tidak malu lagi…

(Kayaknya ga perlu sampe ke Inggris hanya untuk berlatih bahasa inggris)

HISTORY [From: wicaksono aji <senopec@yahoo. com>]

Perintis lembaga-lembaga kursus yang ada di Pare terkenal dengan nama Bapak Kalen. Rumahnya sendiri kebetulan sekitar 10 menit dari rumah saya (berjalan kaki). Membludaknya lembaga kursus bahasa Inggris di Pare adalah hasil kerja keras para anak didik Pak Kalen ini. Meski banyak lembaga kursus, “kompetisi” yang terjadi rupanya tidak mengikuti “kaidah” kapitalisme, dalam arti bahwa pengelolaan lembaga-lembaga kursus yang ada dibangun dengan kultur kekeluargaan. Banyak pula dijumpai kenyataan bahwa lembaga-lembaga kursus ini merupakan ajang “unjuk kemampuan” para peserta kursus yang sudah senior.

Dengan kata lain ada yang pernah bilang bahwa yang masih di level “Pre-Basic” atau “Basic” hingga “Intermediate” dianjurkan untuk ikut kursus di lembaga yang sesuai, yang mana pengajarnya merupakan hasil didikan Pak Kalen juga. Baru setelah “Advanced”, mereka boleh langsung kursus di bawah asuhan Pak Kalen, atau beberapa orang putra/putri beliau yang diberi mandat oleh Pak Kalen mengelola lembaga kursusnya.

Sedikit googling, dapat cerita pengalaman mas Rohman a.k.a sandal jepit yang menulis langsung dari lokasi. I have a comment which came from EECC Pare Kediri. They already have a blog. See comments #10 for further information. All credits should be given for them.
INFO LANGSUNG DARI PARE [From: penyelamat.cinta@gmail.com]

1. Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kab. Kediri Jati
Kursus yang ada :
BEC
Program : 6 bulan
Sasaran : Grammar, Speaking
Biaya : Masuk : Rp 150 rb + Spp : Rp 50rb / bln
Suasana : Agak resmi, pake sepatu, meja kelas kaya SMA, seragam hitam putih hari jumat dan ujian, wanita muslim pake jilbab, dilarang masuk kelas pake sarung bagi yg cowo

HEC 1 & 2
Program : 3 bulan
Suasana : Mirip BEC (cabangnya BEC sih)

Harvard
Program : 1 bulan
Suasana : Bebas
Biaya : kalo ngga salah Rp 75 rb / bln / program

2. Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kab. Kediri Jatim
Kursus yang ada :
ELFAST
Program : 2 Minggu & 1 Bulanan
Biaya : Rp 40rb – 85rb / bln (tergantung program apa yang dipilih
Suasana : Bebas
Sasaran : Grammar, Translation, Writing & TOEFL

Daffodiles
Program : 2 Minggu & 1 Bulanan
Biaya : Rp 70-an / bulan
Sasaran : Speaking & Pronounciation
Suasana : Bebas

Mahesa Institute
Program : 2 minggu, 1 bulanan dan program D2 plus
Biaya : tergantung ambil program yang mana
Sasaran : Grammar, Speaking
Suasana : agak resmi hampir sama dengan BEC

Smart ILC
Program : 1 bulanan
Biaya : Rp 70-80rb an/bln
Suasana : Bebas
Sasaran : Grammar
Smart ILC juga punya homestay english area yang disebut S’TORY (Smart Dermitory)

Access
Program : 1 bulanan
Biaya : Rp 70-80an/bln
Suasana : Bebas
Sasaran : Pronounciation, Speaking dan Grammar
Access punya homestay english area yang disebut Access girl /boy
Marvelous
Program : 1 bulanan
Biaya : Rp 70-80-an
Suasana : Bebas
Sasaran : Speaking, Pronounciation dan Grammar
Marvelous punya homestay english area juga yang namanya Marvelous 1, 2, 3, dst

Krishna
Program : 2 mingguan, 1,5 bulan dan 1 bulanan
Biaya : Rp 20 rb – Rp 150rb
Sasaran : Grammar & Speaking

dll (banyak banget)

Transport :

1. Naik KA
=> Dari Jakarta Ps. Senin naik KA jurusan Malang turun stasiun Kediri
Dari St.Kediri naik becak ke Halte bis Toyota (bayar max. 7rb)
Dari Halte tunggu bis besar Jurusan Surabaya yang lewat Pare (hati2 jangan sampe keliru bis yang lewat Kertosono) / naik bis 3/4 warna biru (puspa indah) jurusan Malang turun di BEC Pare ( bayar max. 4 rb)
Dari situ kamu segera cari kost dan kursusan sesuai dengan waktu yang kamu punya

=> Dari Jakarta Gambir / Senin naik KA Jurusan Surabaya / Jombang turun St. Jombang
Dari stasiun Jombang keluar melalui pintu utama kemudian jalan ke arah kanan sampai menemukan perempatan besar, nyebrang rel dan jalan raya kemudian naik bis ke arah Kediri/Trenggalek yang lewat Pare. Turun di lampu merah perempatan Tulungrejo (bayar 4rb)
Dari perempatan Tulungrejo naik becak ke Mahesa Institute bayar max (10rb)
Dari Mahesa segera cari kost dan kursus.

2. Naik Bis
Cari bis jurusan Kediri turun terminal kediri. Dari terminal naik bis besar jurusan Surabaya yang lewat Pare (hati2 jangan keliru yg lewat Kertosono) atau minibus warna biru jurusan Malang lewat Pare turun di BEC Pare. (bayar 4rb). Langkah selanjutnya sama dengan naik KA bagian pertama

Biaya Makan :

Nasi Ayam : Rp 3500-4rb
Nasi Goreng : Rp 2500-4rb
Bakso : Rp 2rb – 4 rb
Mi ayam : Rp 2500
Nasi Sayur : Rp 1500-2rb

Biaya Kost :

english area : Rp 90-220rb (include program)
non english area = Rp 40-80rb

Tempat Nongkrong :

Garuda Park (Banyak makanan)
Gua Surowono (adventuring susur gua) for free
Masjid An Nur (Masjid Agung Kab. Kediri)
Alun-alun Pare (Banyak makanan)

Lain2 :

Swalayan & Minimarket banyak di sini
ATM & Bank disini lengkap dari Muamalat sampe BRI ada semua
Gak ada mall, gak ada bioskop
Suasana Islami dan alam pedesaan yang indah menghadap Gunung Kelud, Wilis & Panderman
Mau Wisata Kuliner ? Hayuk aja, hehehe
——————————————————————————————————————–

Disclaimer:

Hal-hal yang saya kutip diatas BELUM mendapat ijin dari penulisnya langsung. Mohon tetap mencantumkan sumbernya apabila dikutip kembali. Apabila narasumber merasa keberatan, maka posting ini akan DICABUT. Kebenaran dari data berupa tempat, petunjuk arah dan biaya BELUM pernah disurvey oleh saya selaku blogger. Mohon dicek kembali. TIADA MAKSUD UNTUK MENGERUK KEUNTUNGAN dari peng-KUTIP-an ini. Tidak lain dan tidak bukan HANYA SEMATA-MATA UNTUK BERBAGI INFORMASI SAJA. All mails which I quote here are courtesy of Free-English Course Mailing List.

(Written using OpenOffice.org v2.3 running on Gutsy Gibbon)

About these ads